free page hit counter

Digital Queuing System: Solusi ICT pendukung physical distancing di era New Normal

Solusi ICT pendukung physical distancing di era New Normal

Kebijakan pemerintah Indonesia terkait New Normal demi memulihkan perekonomian sudah mulai dijalankan. Kebijakan ini turut mendorong berbagai perusahaan untuk kembali memulai aktivitasnya termasuk membuka kantor atau tempat usaha mereka. Namun demikian, perusahaan tetap perlu memerhatikan protokol kesehatan atau panduan New Normal yang sudah ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

 

Menteri Kesehatan RI dr. Terawan Agus Putranto mengatakan dunia usaha dan masyarakat yang merupakan pekerja memiliki kontribusi besar dalam memutus mata rantai penularan karena besarnya jumlah populasi pekerja dan besarnya mobilitas, serta interaksi penduduk umumnya disebabkan aktivitas bekerja. Oleh karenanya, Kemenkes menerbitkan Keputusan Menteri Kesehatan nomor HK.01.07/MENKES/328/2020 tentang Panduan Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 di Tempat Kerja Perkantoran dan Industri dalam Mendukung Keberlangsungan Usaha pada Situasi Pandemi.

 

Untuk menjalankan aktivitas tersebut, perusahaan di lintas sektor perlu mengatur pengunjung, menerapkan physical distancing menjadi lebih ketat. Di sisi lain, New Normal telah mengungkap pentingnya digitalisasi manajemen pengunjung yang bukan hanya mencakup penggantian buku tamu dengan Microsoft Excel, melainkan menggunakan sistem yang turut membantu perusahaan menerapkan panduan Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 di Tempat Kerja.

 

Baca juga: Thermal CCTV: Teknologi pendukung protokol kesehatan di era New Normal

 

 

Lintasarta Mobile Qsys

 

Sesuai dengan misinya untuk membuat bisnis pelanggan lebih mudah dan bernilai tambah melalui solusi teknologi informasi dan komunikasi yang inovatif, Lintasarta turut membantu Anda beradaptasi dalam menjalankan bisnis di saat New Normal di Indonesia. Melalui layanan Lintasarta Mobile Qsys, Anda dapat memantau pelanggan yang berkunjung ke perusahaan Anda. Solusi ini turut membantu Anda memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di perusahaan.

 

Lintasarta Lintasarta Mobile Qsys adalah layanan sistem antrean daring yang memadukan fasilitas digital signage, aplikasi & konektivitas jaringan antar cabang. Dalam solusi ini, digital signage akan memunculkan informasi mengenai nomor antrean, foto dari wajah pelanggan yang sedang mengantre, TVC (TV Commercial), Kurs, running text informationdan lainnya dengan pengaturan Centralized System. Selain memudahkan pengunjung dalam menerima dan memahami informasi, digital signage juga dapat membantu perusahaan meminimalisir interaksi antar pengunjung maupun karyawan yang berpotensi menyebarkan virus.

 

Baca juga: Digital Signage: Bagaimana pemasaran perusahaan yang efektif saat New Normal?

 

 

Bagaimana Layanan Mobile Qsys Lintasarta bekerja?

 

Lintasarta Mobile Qsys akan mengatur pengunjung sebelum kedatangan hingga meninggalkan kantor. Demi mengedepankan physical distancing, pelanggan atau pengunjung dapat menggunakan aplikasi antrean melalui smartphone yang terintegrasi dengan mesin antrean konvensional di lokasi terkait. Dengan mengisi data yang dibutuhkan, pengunjung akan mendapatkan nomor antrean yang kemudian dikirimkan melalui notifikasi dalam aplikasi atau melalui SMS. Menariknya, aplikasi Lintasarta Mobile Qsys juga memungkinkan pengunjung untuk melakukan reservasi sehingga nomor antrean dapat diperoleh dari jauh hari bahkan tanpa berkunjung ke lokasi secara langsung.

 

Setelah mendapatkan nomor antrean melalui aplikasi, check-in akan berlangsung secara otomatis saat pengunjung terdeteksi 100 meter dari lokasi tujuan seperti kantor cabang tujuan misalnya, rumah sakit atau bank. Setibanya di lokasi tujuan, pengunjung dapat mencetak nomor antrean yang sudah didapatkan dari aplikasi Lintasarta Mobile Qsys dengan memasukkan kode booking atau pengunjung juga dapat menunjukkan nomor antrean dari aplikasi di smartphone tanpa perlu mencetak terlebih dahulu.

 

Di ruang tunggu, solusi Lintasarta Mobile Qsys sudah dilengkapi dengan monitor yang menampilkan informasi nomor antrean, video marketing hingga infor kurs dan suku bunga bagi perusahaan perbankan. Melalui fasilitas ini, Anda dapat menampilkan sejumlah informasi yang dapat mengedukasi pelanggan untuk tetap menjaga jarak atau physical distancingdemi mencegah paparan virus, atau informasi edukatif lainnya.

 

Nomor antrean pelanggan yang tampil pada monitor selanjutnya akan dipanggil menggunakan panggilan suara serta visual, yang kemudian memungkinkan pelanggan mendapatkan pelayanan yang diperlukan. Fasilitas ini akan membantu perusahaan membatasi pengunjung ketika layar menampilkan jumlah antrean maksimal dalam waktu tertentu.

 

Baca juga: 3 solusi ICT untuk industri perbankan dalam persiapan New Normal di Indonesia

 

Daftar antrean juga dapat dipantau melalui aplikasi, serupa dengan tampilan di monitor. Aplikasi Lintasarta Mobile Qsysdapat menampilkan daftar antrean sehingga memungkinkan pengunjung untuk menunggu di luar ruangan atau area lain demi meminimalisir kerumunan. Riwayat antrean bahkan dapat dicatat dan ditampilkan dengan lengkap mulai dari antrean yang sudah dipanggil, hingga antrean yang batal maupun belum dipanggil. Hal ini dapat membantu pengunjung untuk mempersiapkan diri sebelum gilirannya hanya melalui smartphone, sehingga mempermudah alur pelayanan dan menerapkan physical distancing di saat New Normal di Indonesia.

 

Dengan pengalaman selama lebih dari tiga dekade, Lintasarta terus melakukan inovasi dalam membantu perusahaan di Indonesia mengembangkan bisnis sembari menerapkan panduan New Normal  di Indonesia. Hubungi kami jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut tentang Lintasarta Mobile Qsys atau terkait solusi lainnya.