free page hit counter

5 alasan bank harus gunakan IT Outsourcing

5 alasan bank menggunakan IT Outsourcing

Efisiensi bisnis menjadi strategi yang diterapkan berbagai industri saat menghadapi krisis di tengah pandemi. Sebab, pandemi membuat masa depan perekonomian di ambang ketidakpastian. Di industri perbankan, strategi efisiensi yang dilakukan adalah dengan semakin mempercepat transformasi digital.

 

Strategi lainnya yang dapat dilakukan industri perbankan dalam menempuh efisiensi di tengah pandemi adalah dengan mengurangi beban biaya operasional teknologi informasi atau Information Technology (IT) dengan mengoptimalkan skema Opex (Operational Expenditure) agar lebih scalable. Untuk mewujudkan hal tersebut, salah satu upaya yang dapat dijalankan adalah menggunakan solusi IT Outsourcing yang tentunya dapat membantu industri perbankan dalam menghemat anggaran IT perusahaan.

 

Layanan ini sendiri memang bukan layanan yang baru di industri perbankan. Namun di tengah pandemi, perbankan perlu mempertimbangkan penggunaan layanan IT Outsourcing agar bisnis dapat berjalan dengan optimal. Berikut lima alasan kenapa bank harus menggunakan layanan IT Outsourcing.

 

  1. Mengontrol dan mengurangi biaya IT

Layanan outsourcing biasanya ditawarkan melalui biaya bulanan. Secara keseluruhan, bank akan mendapatkan keuntungan dari skala ekonomi dan infrastruktur berbiaya rendah. Selain itu, tidak semua bank memiliki anggaran besar atau sumber daya yang mumpuni untuk menerapkan sistem dan layanan IT yang dibutuhkan perusahaan. Namun dengan menggunakan layanan IT Outsourcing, bank bisa mendapatkan solusi yang andal dan setara dengan kompetitor.

 

  1. Fokus pada bisnis utama

Pengunaan layanan IT Outsourcing memungkinkan bank untuk fokus mengalokasikan waktu dan energi ke dalam strategi pertumbuhan bisnis, alih-alih mengkhawatirkan perkembangan IT.

 

  1. Up to date dengan teknologi terbaru

Bekerja sama dengan perusahaan yang mengkhususkan diri dalam solusi IT perbankan penting untuk menjaga keunggulan kualitas. Layanan IT Outsourcing menawarkan tenaga ahli di bidangnya. Dengan menggunakan layanan ini, bank dapat melepaskan keputusan terkait IT, investasi dan pelatihan kepada para ahli tersebut.

Baca juga: Keuntungan di Balik IT Outsourcing

  1. Meminimalisir risiko

IT Oursoucing dapat mengalihkan risiko infrastruktur dan otomatisasi untuk menawarkan pemrosesan 24/7 serta monitoring lingkungan IT bank yang aman. Tak hanya itu, vendor IT Outsourcing juga selalu berupaya tetap mengikuti perkembangan regulasi dan update terkait bisnis, sehingga keahlian mereka dapat meminimalisir risiko lembaga keuangan.

 

  1. Meningkatkan produktivitas

Layanan IT Outsourcing akan fokus pada kompetensi utama yang dibutuhkan bank. Dengan biaya yang lebih rendah, bank akan mendapatkan respons yang cepat terhadap masalah yang timbul atau terjadi gangguan layanan perusahaan.

 

Infrastruktur IT sendiri memang bukan penentu segmen pasar setiap bank. Namun, kinerja IT yang buruk akan merusak pengalaman konsumen dan menyebabkan kerugian dalam hal kenyamanan pelanggan serta pendapatan perusahaan. Sementara dengan memelihara infrastruktur IT secara internal, bank akan terlalu mengandalkan aktivitas non-inti, bahkan di saat bank perlu fokus pada visi dan strategi untuk menumbuhkan bisnis yang berkelanjutan.

Baca juga: Bagaimana Memilih Model Layanan IT Outsourcing?

Jika Anda sedang mempertimbangkan jasa Outsourcing IT, Lintasarta dapat menjadi pilihan vendor IT Outsourcing Indonesia yang tepat. Dengan pengalaman selama lebih dari tiga dekade, Lintasarta dapat memenuhi kebutuhan Anda dalam menyediakan solusi yang dapat membantu Anda mengembangkan bisnis termasuk melalui jasa Outsourcing IT.

 

Melalui layanan Lintasarta Enterprise on Advance Professional Services (LEAPS) Lintasarta menyediakan tenaga profesional untuk membantu menyelesaikan pekerjaan yang baik dan efisien. Lintasarta Enterprise on Advance Professional Services adalah layanan professional service dan managed services dengan komitmen SLA (Service Level Agreement) yang membantu pelanggan dalam mengelola dan merawat infrastruktur IT untuk mencapai objektif bisnis pelanggan.

 

Anda dapat menghubungi kami untuk mengetahui lebih lanjut apa itu Lintasarta Enterprise on Advance Professional Services berikut manfaat dan keunggulannya sebagai layanan IT Outsourcing Indonesia.