free page hit counter

Pulihkan bisnis Rumah Sakit di saat New Normal

Pulihkan bisnis Rumah Sakit di saat New Normal

Tenaga medis merupakan pahlawan yang berada di garda terdepan saat pandemi Covid-19. Namun sayangnya, hal ini tidak sebanding dengan kondisi rumah sakit yang mengalami penurunan pendapatan. Dikutip dari Suara.com, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyebutkan hampir seluruh rumah sakit di Indonesia mengalami penurunan pendapatan 20% – 50% selama dua bulan pandemi Covid-19 di Indonesia.

 

Penurunan pendapatan ini juga cukup berpengaruh terhadap tingkat hunian dan pelayanan rumah sakit. Tak hanya itu, kondisi ini menuntut rumah sakit untuk melakukan penyesuaian saat New Normal di Indonesia seperti saat ini, agar operasional dan bisnis dapat tetap dijalankan. Berikut solusi ICT yang dapat membantu memulihkan bisnis Rumah Sakit di era New Normal.

 

    1. Telemedicine

Layanan telemedicine menjadi solusi yang dapat diandalkan selama pandemi dan New Normal di Indonesia. Sebab, masyarakat cukup khawatir terpapar virus jika berkunjung ke rumah sakit secara langsung. Layanantelemedicine sendiri memungkinkan orang-orang untuk melakukan konsultasi dengan dokter secara virtual sehingga dapat meminimalisir penyebaran virus.

 

Lintasarta turut membantu rumah sakit menyediakan layanan telemedicine melalui layanan Lintasarta Telemedicine. Lintasarta Telemedicine mencakup layanan Tele-Konsultasi yang memungkinkan pasien melakukan konsultasi jarak jauh dengan dokter dan kedepannya dapat melayani Tele-USG, Tele-EKG hingga Tele-Radiologi.

 

Lintasarta Telemedicine didukung dengan platform yang dapat diintegrasikan dengan ragam layanan pembayaran melalui bank atau e-wallet, asuransi, layanan pengiriman, hingga klinik dan TEMENIN yang merupakan layanan telemedicine milik Kemenkes. Solusi Lintasarta ini dirancang untuk dapat berjalan di berbagai perangkat seperti smartphone, laptop, PC hingga tablet, sehingga dapat menjangkau dan digunakan semua pengguna. Keamanan data pasien akan dijamin karena data dihimpun dalam lingkup Cloud rumah sakit.

 

    1. Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS)

Saat pandemi dan New Normal dimana layanan digital semakin diandalkan, turut meningkatkan kesadaran pentingnya Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS). Data yang dihimpun dalam SIMRS dapat membantu mempercepat alur proses pelayanan rumah sakit menjadi lebih ringkas.

 

Solusi ini memiliki peranan penting bagi rumah sakit saat pandemi dan New Normal. Namun, tidak semua rumah sakit dapat merancang SIMRS secara mandiri. Sebagai alternatif, Anda dapat menggunakan layanan Lintasarta SIMRS yang merupakan sistem pencatatan rekam medis yang mengintegrasikan seluruh alur proses pelayanan rumah sakit secara real-time untuk memperoleh informasi medis dan non-medis secara tepat serta akurat.

 

Lintasarta SIMRS dilengkapi dengan serangkaian sistem mencakup Patient Administration System, Electronic Medical Record, Department Information System dan Enterprise Resource Planning. Dengan menggunakan teknologi Lintasarta SIMRS, rekam medis pasien dapat dilakukan secara digital sehingga dapat mempercepat tenaga medis dalam melakukan dan mempersiapkan tindakan selama pandemi dan New Normal di Indonesia.

 

    1. Hosted Collaboration Solution

Pelayanan rumah sakit selama pandemi memang tidak beroperasi sepenuhnya. Sesuai dengan anjuran Kemenkes, pelayanan rumah sakit selama pandemi seperti praktik rutin, diimbau tidak dilakukan terkecuali dalam keadaan darurat. Di sisi lain, operasional internal rumah sakit tetap harus berjalan agar pelayanan darurat tetap dapat dijalankan.

 

Oleh karena itu, diperlukan solusi yang dapat membantu rumah sakit melakukan koordinasi jarak jauh hingga antar divisi. Untuk mengatasi kebutuhan ini, Anda dapat menggunakan Lintasarta Hosted Collaboration Solutiondi mana salah satu fiturnya menyediakan solusi video conference yang memungkinkan rumah sakit melakukan komunikasi dan koordinasi dengan banyak anggota dari jarak jauh dalam waktu bersamaan.

 

    1. Cloud IaaS

Semakin banyaknya layanan digital yang digunakan, semakin meningkatkan kebutuhan rumah sakit akan penyimpanan seperti Cloud. Terlebih di saat pandemi dan New Normal di mana layanan digital diandalkan, performanya harus dapat dijaga dengan baik agar layanan dan aktivitas bisnis rumah sakit dapat berjalan dengan optimal.

 

Lintasarta Cloud Services dapat membantu menyederhanakan kompleksitas IT Operation serta menjamin kelancaran bisnis rumah sakit. Solusi Lintasarta ini menawarkan fleksibilitas yang tinggi sehingga perusahaan dapat memilih layanan yang sesuai dengan kebutuhan dan skala bisnis. Anda juga dapat menambah kapasitas server kapan pun dibutuhkan sesuai pertumbuhan bisnis perusahaan.

 

Lintasarta menyediakan sejumlah solusi lainnya yang dapat membantu mengembangkan bisnis Anda di era New Normal. Hubungi kami untuk mengetahui solusi mutakhir Lintasarta lainnya agar bisnis Anda dapat tetap bertahan di tengah pandemi.