free page hit counter

Ini Keuntungan jika Perusahaan Anda Menggunakan Video Conference

video conference

Pada era serba digital seperti saat ini, seluruh bidang industri semakin memanfaatkan teknologi dalam perkembangan bisnisnya. Tidak terbatas hanya pada pelaku industri TI. Anda yang bergerak di bidang manufaktur hingga sektor perbankan juga pasti menggunakan teknologi untuk bisa terhubung dengan mudah kapan saja dan dari mana saja. Sistem komunikasi berbasis teknologi menghadirkan video conference yang memungkinkan suatu perusahaan mengadakan pertemuan bisnis meski saling berjauhan.

Baca juga: Ketahui Keunggulan Internet Dedicated untuk Bisnis

Umumnya, video conference menyediakan fasilitas komunikasi secara real time antara dua pihak atau lebih dari lokasi yang berbeda. Video conference sendiri digunakan pada perangkat mobile maupun komputer PC. Bahkan saat ini sistem rekrutmen beberapa perusahaan menerapkan cara video conference, sehingga teknologi komunikasi yang satu ini tidak hanya menguntungkan dalam segi bisnis, tetapi juga pada proses seleksi SDM yang dibutuhkan perusahaan. Lantas, apa saja keuntungan video conference yang bisa dirasakan oleh perusahaan?

Meeting tatap muka

Dalam menjalankan bisnis, sering kali Anda diminta untuk mengambil keputusan secara cepat dan akurat. Namun, tentu saja segala keputusan yang diambil harus terlebih dulu didiskusikan bersama dengan jajaran manajemen. Oleh karena itu, Anda membutuhkan meeting tatap muka secara rutin setiap bulan atau bahkan setiap minggu. Sayangnya, tidak seluruh anggota manajemen bisa memenuhi jadwal tersebut karena masih ada keperluan bisnis yang harus diselesaikan di tempat yang lain. Di sinilah keuntungan video conference bisa dirasakan.

Anda tidak perlu menunggu waktu yang tepat hingga seluruh jajaran manajemen dapat berkumpul di satu tempat. Keputusan mendesak yang harus segera ditetapkan bisa Anda diskusikan secara langsung melalui meeting yang dilakukan via video conference. Teknologi komunikasi ini juga bisa digunakan untuk memberi pelatihan dan seminar bagi seluruh karyawan perusahaan.

Melakukan wawancara secara langsung

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, video conference juga bisa dimanfaatkan sebagai media seleksi karyawan yang dibutuhkan oleh bisnis Anda. Terlebih jika perusahaan telah memiliki beberapa cabang yang tersebar di berbagai wilayah dalam negeri maupun luar negeri. Tentu sebagai wakil dari pihak manajemen Anda tetap harus mengenal kandidat karyawan dengan baik melalui proses wawancara secara langsung. Dengan adanya video conference ini, proses seleksi tetap bisa berjalan optimal sekali pun berada di lokasi yang berbeda.

Baca juga: Public atau Private Cloud: Mana yang tepat untuk bisnis Anda?

Meningkatkan kualitas pertemuan

Selain mempertimbangkan efisiensi serta efektivitas waktu yang Anda miliki, video conference juga dapat meningkatkan kualitas pertemuan itu sendiri. Meeting antar cabang perusahaan bisa dilakukan secara berkala karena video conference juga dilengkapi fitur sharing document. Dengan begitu, seluruh peserta dalam pertemuan tersebut dapat melaporkan hasil kerja timnya dan mengajukan pendapat atau memberi saran demi kemajuan perusahaan itu sendiri.

Penghematan biaya

Last but of course not least, teknologi komunikasi melalui video call dapat menghemat biaya operasional perusahaan Anda. Di samping Anda tidak perlu mengeluarkan sejumlah dana untuk tiket perjalanan pulang-pergi, video conference juga memungkinkan perusahaan mengurangi anggaran konsumsi yang biasanya cukup besar untuk setiap penyelenggaraan rapat direksi.

Baca juga: DevOps – Cloud Computing: Pasangan Andal untuk Tingkatkan Daya Kompetisi Bisnis

 Melihat ada banyak keuntungan yang diberikan oleh video conference, sudah seharusnya perusahaan Anda mempertimbangkan untuk penggunaan teknologi komunikasi yang satu ini. Untuk lebih menghemat biaya, bahkan kini Lintasarta sudah menyediakan layanan Collaboration Solution berbasis cloud, sehingga perusahaan dapat secara langsung mengadopsi aplikasi on-demand. Informasi produk dan layanan lebih lanjut bisa menghubungi kami di info@lintasarta.co.id atau telepon ke nomor 021-230 2347.