free page hit counter

Jenis VPN dan Manfaatnya Bagi Perusahaan Anda

jenis VPN

Mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan Virtual Private Network (VPN) ketika menggunakan internet. VPN merupakan teknologi yang memungkinkan penggunanya untuk bisa terkoneksi ke jaringan publik dan digunakan untuk dapat digabung dengan jaringan lokal. Secara sederhana, sebenarnya VPN ialah koneksi privat yang dihubungkan lewat jaringan publik atau internet virtual network. Semua data dalam koneksi tersebut akan dienkripsi dengan baik, sehingga orang lain tidak bisa mengaksesnya.

Baca juga: Bagaimana VPN Menjamin Keamanan Tingkat Tinggi Bagi Jaringan Internet?

VPN juga dapat mengirimkan data antara dua pengguna (dua komputer) yang melewati jaringan publik dan seolah terhubung secara point to point. Dalam VPN hal tersebut diistilahkan dengan proses tunneling.  Teknologi tunneling yang biasa digunakan antara lain adalah Poin to Point Tunnel Protocol (PPTP), Layer 2 Tunnel Protocol (L2TP) dan Internet Protocol Security (IPSec). Anda bisa memilih beberapa tipe tunneling tersebut yang sesuai dengan kebutuhan bisnis dan perusahaan

Jenis VPN

VPN sendiri dibedakan menjadi beberapa jenis. Namun, di Indonesia terdapat tiga jenis VPN yang banyak digunakan baik oleh perorangan maupun perusahaan besar dalam melakukan urusan bisnisnya.  Berikut tiga jenis VPN yang perlu Anda ketahui:

  • IPSec

Internet Protocol Security (IPSec) adalah VPN yang memiliki spesifikasi untuk mengamankan komunikasi dalam internet lintas jaringan. Fungsi utamanya adalah mengamankan komunikasi protokol internet dengan melakukan verifikasi pada masing-masing sesi dengan enkripsi secara individu baik melalui mode transportasi dan mode kanalisasi.  Mode transportasi adalah pesan dalam paket data akan dienkripsi, sedangkan kanalisasi adalah paket data secara keseluruhanlah yang akan dienkripsi.

  • VPN PPTP

Jenis VPN yang kedua adalah Poin to Point Tunnel Protocol (PPTP). Dalam VVPN ini dapat digunakan oleh pengguna jarak jauh untuk menyambungkan ke jaringan VPN dengan koneksi internet yang ada. Untuk menggunakannya, user harus menggunakan kata sandi yang sudah valid. VPN PPTP sangat ideal digunakan untuk keperluan bisnis karena mudah digunakan.

Baca juga: VPN: Solusi Komunikasi Antar Cabang yang Bisa Digunakan Pemerintah

  • VPN L2TP

Berikutnya adalah Layer 2 Tunnel Protocol (L2TP) yang dikembangkan oleh Microsoft dan Cisco. VPN ini adalah VPN khusus yang digabungkan dengan protokol keamanan VPN lain untuk membentuk koneksi VPN yang lebih aman. Anda bisa mengkombinasikan VPN ini dengan VPN IPSec untuk mendapatkan keamanan yang semakin optimal.

Manfaat VPN bagi perusahaan

VPN banyak memberikan manfaat baik untuk perorangan maupun perusahaan. Terlebih lagi untuk mempercepat bisnis di perusahaan. Bila perusahaan membutuhkan jaringan khusus yang aman, VPN dapat menjadi solusi dengan harga yang terjangkau. Selain itu, VPN dapat membuat mobilitas perusahaan semakin meningkat. Hal ini dikarenakan para pekerja dapat terhubung dengan jaringan kantor lewat perangkat dimanapun mereka berada.

Manfaat VPN lainnya adalah dapat melakukan autentifikasi sumber data yang diterima. Dari sinilah Anda bisa mengetahui jika VPN juga bisa memeriksa data yang masuk. Mengenai segi keamanan, menggunakan VPN akan menjamin keutuhan data yang akan dikirimkan maupun diterima. Selain itu, VPN data maupun informasi akan aman dari serangan hacker. Ini dikarenakan VPN menggunakan metode enkripsi yang mampu untuk mengacak data-data penting sehingga akan sulit dibaca oleh para hacker.

Baca juga: Apa yang Harus Diperhatikan Ketika Memilih VPN untuk Bisnis?

Penggunaan VPN di Indonesia memang penting bagi berbagai perusahaan maupun percepatan bisnis. Contohnya saja untuk perusahaan dengan mobilitas tinggi seperti perusahaan perbankan dan finance. Salah satu provider internet yang menyediakan layanan VPN terbaik di Indonesia adalah Lintasarta. Layanan VPN Lintasarta menawarkan tingkat keamanan tinggi dengan menggunakan jaringan privat sehingga dapat memberikan total solution bagi perkembangan bisnis Anda. Hubungi kami di sini untuk informasi lebih lanjutnya.