free page hit counter

5 Keunggulan Radio Trunking jika Dilihat dari Sektor Keamanan

radio trunking

Di dalam sistem komunikasi, pastinya ada teknologi yang membantu agar komunikasinya bisa berjalan dengan lancar, cepat dan aman. Untungnya, dunia teknologi yang terus berkembang membuat sistem komunikasi juga mendapatkan inovasi baru setiap waktunya. Salah satu inovasi di dalam sistem komunikasi adalah Radio Trunking.

Baca juga: Karakteristik Perusahaan yang Membutuhkan Sistem Komunikasi Radio Trunking

Apa yang dimaksud dengan Radio Trunking? Radio Trunking adalah sistem radio yang berbasis repeater yang digunakan untuk satu menara atau lebih yang tentunya menggunakan lebih dari satu frekuensi. Penggunanya akan memiliki frekuensi semi-privat dan bisa melakukan komunikasi dengan banyak orang secara berbarengan di dalam grup. Hal ini bisa dilakukan karena radio trunking memiliki kanalnya sendiri.

Yang menjadi pertanyaan saat ini adalah apakah radio trunking aman? Untuk itu, berikut penjelasan mengenai kelebihan Radio Trunking, termasuk dari sisi keamanannya.

Coverage

Kelebihan pertama dari Radio Trunking adalah coverage. Keunggulan ini tentu saja membuat para pengguna radio trunking merasakan dampak positif yang sangat besar. Dengan menggunakan frekuensi semi-privat, maka pengguna radio trunking bisa melakukan komunikasi dari jarak yang cukup jauh. Tidak hanya antara dua orang saja, tetapi secara grup. Sinyal yang dipakai pun biasanya memiliki kekuatan yang sulit diganggu oleh pihak lain.

Kelebihan lainnya dalam urusan coverage adalah kekuatan sinyal yang membuat radio trunking bisa menangkap sinyal, walaupun sinyal di sana lemah, bahkan ketika sinyal di dalam smartphone tidak bisa mendeteksinya.

Baca juga: Manfaat Fitur Monitoring yang Ada dalam Sistem Radio Trunking

Fleksibilitas

Kelebihan kedua adalah fleksibilitas. Ketika berhubungan dengan sinyal, sudah jelas radio trunking sangatlah kuat. Percakapan dalam grup pun bisa dilakukan dengan mudah. Ketika membutuhkan percakapan yang diisi oleh lebih banyak orang, bahkan sampai beberapa departemen, radio trunking juga bisa melakukannya tanpa kesulitan sedikit pun. Grup yang sebelumnya sudah ada di frekuensi itu pun juga tidak akan terganggu.

Nyaman dan mudah digunakan

Kelebihan ketiga adalah nyaman dan mudah digunakan. Saat menggunakanya Anda juga tidak perlu kesulitan untuk mendapatkan frekuensi yang tersedia untuk digunakan karena secara otomatis, teknologi Radio Trunking akan mencari frekuensi yang tersedia. Hal ini tentu saja membawa kelebihan tersendiri karena mudah digunakan. Tidak perlu waktu lama untuk mencari frekuensi karena semua sudah disediakan secara otomatis.

Privasi

Kelebihan keempat dari Radio Trunking adalah privasi. Dengan pencarian frekuensi yang tersedia secara otomatis, privasi pun akan didapatkan oleh para penggunanya. Pembicaraan yang bersifat rahasia bisa dikeluarkan seluruh di dalam sistem radio trunking.

Keamanan

Kelebihan kelima dari Radio Trunking adalah keamanan. Banyak yang berpikir kalau sistem teknologi tersebut bisa mudah disadap. Padahal ada fitur enkripsi yang membuat pesan-pesan yang dikeluarkan oleh penggunanya tidak bisa dibaca secara mudah. Untuk memecahkan fitur enkripsi ini, perlu kemampuan khusus yang tidak bisa dipelajari dengan mudah. .

Baca juga: Bagaimana Regulasi Pemerintah Mengenai Sistem Radio Trunking?

Beberapa keunggulan di atas dari radio trunking bisa didapatkan dengan menggunakan layanan Lintasarta Internet Dedicated. Dengan menggunakan layanan dari Lintasarta yang sudah bergerak di bidang ini selama tiga dekade lebih, profesionalitas, kualitas dan keamanan sudah terjamin sejak awal.

Info Apa itu HT trunkingRadio trunking