free page hit counter

Manfaat Cyber Data Center untuk Bisnis Perbankan

lintasarta.net

Cyber Data Center untuk Perbankan- Cyber Data Center adalah sebuah solusi yang dirasa paling sempurna untuk mengelola data sebuah perusahaan, lembaga atau organisasi yang selalu berkembang dari waktu ke waktu. Seperti yang kita ketahui bahwa data center atau pusat data adalah hal yang sangat penting untuk melakukan segala aktivitas dari peusahaan. Cyber data center pun sangat penting bagi beberapa perusahaan, salah satunya adalah bagi dunia perbankan.

Di dalam bisnis perbankan memang dibutuhkan sebuah data center yang sesempurna mungkin dengan spesifikasi super tinggi. Hal ini karena jika tiba tiba sebuah data center mengalami gangguan dan kemudian mati, akan sangat menggangguaktivitas perbankan dan juga menghambat segala keperluan nasabah. Di dalam dunia perbankan, data center digunakan dalam banyak berbagai macam transaksi banking sebut saja seperti transfer uang. Oleh karena itulah data center harus dikelola dengan sebaik mungkin dalam bisnis perbankan dan dalam bisnis lainnya.

Lalu, apa sajakah Manfaat Cyber Data Center untuk Bisnis Perbankan? Berikut ini informasinya untuk anda.

  1. Dapat Mendukung Semua Fitur di Industri Perbankan

Pada zaman sekarang ini, industri perbankan banyak memanfaatkan teknologi digital untuk membuat sebuah layanan yang lebih modern kepada nasabahnya. Beberapa fitur perbankan yang merupakan hasil dari modernisasi tersebut adalah mobile banking, internet banking, ATM dan masih banyak lagi yang lainnya. Disinilah peran data center sangat penting bagi industry perbankan karena ternyata data center dapat mendukung terjadinya semua fitur modern tersebut. Dalam hal data center, sebuah bank dapat membangun sendiri data center mereka. Namun jika sebuah bank telah lebih berkembang dari waktu ke waktu dan membutuhkan penyimpanan yang lebih besar dan aman, maka menggunakan jasa penyedia Cyber Data Center merupakan sebuah jawaban yang bijak.

  1. Perbankan hanya perlu menganggarkan biaaya operasional modal.

Manfaat Cyber Data Center yang kedua adalah dimana perbankan tidak perlu lagi untuk menganggarkan belanja modal, namun hanya perlu untuk melakukan anggaran untuk biaya operasional modal. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan cara skema sharing infrastruktur dan manage service. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa dana perbankan telah banyak digenjot untuk keperluan ekspansi atau perluasan, sehingga mau tidak mau biaya data center harus sebisa mungkin diminimalisir untuk keperluan ekspansi tersebut. Inilah yang kemudian mendorong pentingnya adanya kerjasama bagi pihak perbankan dan penyedia data center. Hal ini karena penyedia data center sudah memiliki semuanya dan hanya tinggal dimkanfaat kan oleh pengguna atau penyewanya.

  1. Perbankan Mampu Melayani Nasabah Tanpa Adanya Kehadiran Fisik Pegawai Bank.

Dengan adanya sistem perbankan yang menggunakan basis digital, maka kini perbankan akan mampu untuk melayani nasabahnya secara optimal meskipun tanpa kehadiran fisi dari pegawai bank tersebut. Hal ini sangat berguna terutama saat hari libur. Hal ini tentu saja akan mengarah pada efisiensi waktu bagi nasabah dan juga keuntungan yang lebih bagi sebuah bank itu sendiri. Dengan adanya manfaat ini maka akan membuat nasabahnya selalu betah dan tetap bertahan pada bank itu sendiri. Hal ini tentu saja akan memberikan keuntungan secara financial bagi sebuah bank serta keuntungan secara moril, dimana bank tersebut akan mendapatkan nama dan track record yang baik di masyarakat.

  1. Adanya Backup Data

Manfaat Cyber Data Center bagi perbankan yang terakhir adalah adanya backup data bagi pengguna jasa data center. Sebuah data center bagi dunia perbankan biasanya memiliki spesifikasi di atas rata-rata atau dapat dibilang cukup tinggi. Hal inilah yang memungkinkan adanya fasilitas backup data jika mungkin terjadi gangguan yang tidak diduga seperti kebakaran atau mungkin musibah alam. Sistem keamanan dan backup data yang baik ini akan melindungi setiap data yang anda simpan dan akan lebih hemat jika anda membangun sendiri data center anda dengan spesifikasi yang serupa dengan yang dimiliki data center.

Demikianlah artikel mengenai Manfaat Cyber Data Center untuk Dunia Perbankan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda dalam lebih mengenal Cyber Data Center dan menggunakannya.

Info pentingnya perbankan memanfaatkan data nasabahnya