free page hit counter

Manfaat Tools Komunikasi Berbasis Teknologi untuk Peningkatan Layanan Publik

layanan publik

Peningkatan layanan publik penting untuk dilakukan mengingat kesejahteraan hidup masyarakat setengahnya bergantung pada kualitas layanan publik yang diberikan. Layanan publik yang dimaksud misalnya saja seperti pelayanan administratif, jasa publik, dan barang publik. Di beberapa daerah di Indonesia, kualitas layanan publik ini masih dianggap belum memadai.

Baca juga: Apa Perbedaan Sistem Teknologi Radio Analog dengan Radio Digital?

Untuk itulah, hadir tools komunikasi berbasis teknologi yang mana diaplikasikan untuk meningkatkan kualitas layanan publik. Mengapa tools komunikasi berbasis komunikasi dianggap penting?

Dapat meningkatkan efisiensi layanan publik kepada masyarakat

Pemanfaatan tools komunikasi berbasis teknologi tentu akan sangat membantu misi peningkatan layanan publik. Misalnya,  layanan publik berupa pembuatan e-KTP. Tanpa ditunjang dengan internet, komputer, serta sistem yang terintegrasi, tentu pembuatan e-KTP akan sangat membutuhkan waktu yang lama. Untuk masalah prosesnya saja, jika tidak ada komputer dan internet, tentu akan sangat lama untuk memasukkan atau mencari data satu orang di antara sekian banyak juta jiwa masyarakat Indonesia.

Pelayanan publik seperti rumah sakit juga semakin meningkat dengan adanya internet dan komputer, dua hal ini sangat membantu dalam proses administrasi dan pencarian data. Mencari data pasien di antara ribuan pasien yang dimiliki tentu akan sangat rumit dan menyusahkan. Namun dengan adanya internet dan komputer, mencari data dalam suatu sistem lebih efisien.

Baca juga: Pengajuan Kredit di Indonesia: Sumber Daya dan Waktu yang Dibutuhkan

Meningkatnya pelayanan yang diberikan oleh layanan publik tentu berpengaruh pada kualitas hidup masyarakat. Kini masyarakat tak perlu membuang banyak waktu untuk antre dan menjalani proses yang lama di layanan publik. Semakin banyak waktu yang dimiliki, semakin banyak hal yang bisa dilakukan, oleh masyarakat. Dengan begitu kualitas hidup akan meningkat karena ada banyak waktu luang.

Internet of things dan smart city

Smart city adalah sebutan untuk wilayah kota yang telah terintegrasi dengan teknologi informasi dan komunikasi dalam tata kelola sehari-hari untuk meningkatkan efisiensi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Contoh nyata adanya penerapan smart city pada suatu kota adalah adanya sistem tilang online, penampungan keluhan masyarakat tentang kondisi fasilitas umum melalui aplikasi, dan juga aplikasi lain yang memungkinkan masyarakat maupun pemerintah untuk memasukkan informasi tentang lalu lintas, bencana alam, info anak hilang, hingga tindak kriminal.

Smart city merupakan upaya pemerintah untuk bisa meningkatkan layanan publik kepada masyarakat. Smart city juga tidak mungkin akan terwujud tanpa bantuan internet of things dimana hal ini memungkinkan perpindahan data maupun informasi melalui jaringan tanpa perlu bantuan manusia.

Internet of thing membantu mewujudkan smart city dalam hal smart parking, smart lighting, connected manhole, smart electricity, dan waste management. Hal-hal ini adalah teknologi yang digunakan untuk mendapatkan informasi masalah sehari-hari. Sebagai contoh adalah smart electricity dimana memungkinkan untuk mengetahui data pemakaian listrik tanpa perlu menurunkan petugas untuk mengecek langsung ke rumah-rumah.

Hadirnya radio trunking

Dalam suatu kota, penggunaan radio trunking akan mempermudah koordinasi oleh banyak pihak. Contoh sederhananya adalah penanggulangan bencana alam. Dengan adanya HT (handy talkie) perpindahan informasi dari tingkat provinsi, kota, kecamatan, kabupaten bisa dilakukan dengan cepat sehingga keputusan bisa segera diambil. Penanganan korban bencana juga akan semakin mudah tanpa banyak buang waktu.

Baca juga: Perkembangan Teknologi Radio dari Masa ke Masa

Radio trunking yang terbaru memungkinkan pemakai dari grup yang sama untuk bisa menggunakan satu channel. Pada saat yang sama, grup lain tidak bisa menggunakan channel yang telah digunakan. Di samping itu, grup bicara otomatis diberi satu channel kosong tanpa perlu memonitor terlebih dahulu. Segala channel juga bisa dimanfaatkan oleh grup bicara sehingga lebih efisien dan merata. Tertarik menggunakan layanan radio trunking? Anda bisa menggunakan layanan Lintasarta Data Communication. Hubungi kami di sini untuk mengetahui info lebih lanjut.