free page hit counter

Transformasi Metro Ethernet: Dari kecepatan hingga efisiensi

Metro Ethernet: komunikasi lebih lancar di era New Normal

Layanan Cloud, streaming video, hingga aplikasi mendorong peningkatan trafik yang cukup tinggi di jaringan Metro Ethernet karena tingginya konsumsi layanan digital oleh pengguna akibat pandemi dan New Normal yang mengharuskan mereka memusatkan aktivitas di rumah. Peningkatan trafik ini bahkan terjadi tanpa prediksi karena kehadiran pandemi yang secara tiba-tiba di berbagai belahan dunia termasuk Indonesia.

 

Untuk mengatasi hal tersebut, upaya yang diperlukan adalah paket konvergensi dan solusi optik yang memungkinkan perusahaan mengimbangi pertumbuhan permintaan sekaligus mengurangi kompleksitas dan memungkinkan penambahan layanan baru. Terlepas dari kondisi tersebut saat ini, jaringan Metro Ethernet bertransformasi sehingga memungkinkannya mengakomodir kebutuhan perusahaan dalam menjalankan bisnis. Selengkapnya berikut transformasi Metro Ethernet.

 

    1. Peningkatan kecepatan

Jaringan Metro Ethernet berkembang pesat dari 1GbE menjadi 10GbE dan 100GbE hanya dalam beberapa tahun. Jaringan ini merupakan titik agregasi utama untuk penyedia jaringan, menerima trafik dari berbagai sumber termasuk BTS hingga gedung perkantoran. Penggunaan jaringan yang konvensional sendiri tidak dapat mengimbangi bandwidth yang meningkat seperti saat ini akibat penggunaan layanan baru misalnya streamingvideo.

 

Baca juga:Jenis Perusahaan yang Cocok Menggunakan Layanan Metro Ethernet

 

    1. Didorong layanan Cloud

Layanan Cloud turut mendorong peningkatan jaringan Metro Ethernet agar memiliki kinerja yang tinggi. Selain itu, perusahaan juga menginginkan agar aplikasi miliknya memiliki performa yang bagus sehingga permintaan ini tetap muncul meski aplikasi perusahaan berjalan di Data Center yang jauh melalui jaringan Metro Ethernet. Mereka mengharapkan aplikasi buatanya dapat diandalkan dan aman sebagaimana dijalankan melalui data center di lokasi yang berdekatan.

 

    1. Video resolusi tinggi menjadi terobosan

Seiring waktu, konten video menjadi semakin meningkat baik dari sisi jumlah maupun kualitasnya. Meskpun video tersebut ditonton secara streaming, resolusi yang tinggi tentu lebih diminati dan memberikan pengalaman yang lebih baik. Migrasi dari resolusi HD ke 4K hingga 8K bahkan terbilang cepat. Untuk memenuhi kebutuhan ini, jaringan Metro Ethernet harus bersiap menangani peningkatan permintaan seperti layanan jaringan 100GbE.

 

    1. 100GbE menjadi New Normal

Ethernet merupakan cara standar untuk membangun infrastruktur jaringan Metro. Pada 2017, diperkirakan lebih dari 75% dari semua bandwidth global akan berbasis Ethernet. Pandangan ini lantas mendorong sejumlah ekonomi yang unik dan belum pernah terjadi di area infrastruktur jaringan dan membuat migrasi standar 10GbE ke 100GbE dimulai.

 

Baca juga:Perbedaan Ethernet dan Wi-Fi

 

    1. Konsolidasi jadi faktor kesuksesan

Elemen jaringan yang menggabungkan fitur Data Center termasuk agregasi akan digabungkan dengan fitur terbaik pada jaringan Metro Ethernet. Dengan konsolidasi tersebut ke dalam satu platform, akan memungkinkan untuk secara optimal menggunakan ruang penyimpanan. Pada akhirnya, hal ini akan membantu perusahaan melakukan efisiensi.

 

Lintasarta turut menyediakan layanan Metro Ethernet. Melalui Lintasarta Metro Ethernet, Lintasarta membantu perusahaan di Indonesia yang ingin membangun komunikasi dengan pelanggannya yang berada di beberapa lokasi berbeda. Lintasarta Metro Ethernet melayani point-to-point dan koneksi point-to-multipoint, sehingga memungkinkan perusahaan seperti operator telekomunikasi, bank dan manufaktur bisnis, untuk menjangkau kantor cabang mereka yang berlokasi di beberapa daerah paling terpencil melalui solusi berbasis Ethernet Virtual LAN (VLAN).

 

Baca juga: Tips Memilih Penyedia Layanan Metro Ethernet yang Tepat di Indonesia

 

Lintasarta Metro Ethernet akan bertindak sebagai jembatan atau hub antar lokasi yang menghubungkan LAN pelanggan yang berbasis di lokasi geografis yang berbeda. Lintasarta menyediakan layanan ini dengan menggunakan protokol Ethernet sebagai WAN dengan cara yang sama seperti LAN menggunakan protokol Ethernet.

 

Jika Anda tertarik untuk menggunakan Ethernet untuk kepentingan bisnis Anda, Lintasarta Metro Ethernet dapat menjadi alternatif terbaik. Hubungi kami untuk mendapatkan informasi lebih detail terkait Lintasarta Metro Ethernet.