free page hit counter

Panduan Utama Penggunaan Cloud Video Conferencing

Video conferencing

Dalam operasional perusahaan, banyak sekali yang harus dipersiapkan agar bisnis berjalan dengan lancar dan sukses. Tidak hanya dari ketersediaan sumber daya manusianya, tetapi juga infrastruktur yang layak.

Baca juga: 4 Manfaat Video Conferencing – Kolaborasi dalam Sektor Keuangan dan Perbankan

Komunikasi menjadi bagian penting di dalam menjalankan perusahaan. Apalagi jika perusahaan tersebut memiliki kantor cabang di berbagai daerah. Salah satu medium komunikasi yang sering digunakan adalah video conferencing, yang saat ini sudah dilengkapi teknologi terbaru yaitu menggunakan cloud.

Apa saja yang bisa dilihat dari penggunaan cloud video conferencing? Berikut penjelasannya:

Evaluasi kebutuhan konferensi video Anda

Pastinya, setiap bulan selalu ada kegiatan melakukan video conferencing dengan pihak lain yang jaraknya berjauhan. Baik dengan kantor cabang atau klien demi melancarkan bisnis Anda.

Saat ini, ada beberapa tipe video conferencing yang bisa Anda pilih, yakni:

·       Traditional On-Premise Video Conferencing

Video conferencing versi ini memakai dedicated software yang juga diberikan server berkualitas baik serta aman. Pada dasarnya, ini adalah video conferencing bergaya tradisional namun masih bisa digunakan untuk event online, meeting, training, dan lainnya.

·       Web Conferencing

Web conferencing adalah video conferencing untuk seminar yang memudahkan orang-orang untuk mendapatkan informasi secara luas dan pemberi informasi pun bisa menjangkau lebih banyak orang dalam usaha penyebaran informasi.

·       Meet-Me Video Services

Meet-Me video services biasanya disediakan oleh provider tertentu yang sudah memiliki kualitas serta popularitas. Jasa video conferencing ini tersedia dengan biaya tertentu sesuai paket yang ditawarkan provider tersebut.

·       Cloud Video Conferencing

Cloud video conferencing adalah video conferencing yang bisa digunakan lintas devices sehingga memberikan kemudahan untuk penggunanya. Selain itu, sistem cloud bisa membuat cloud video conferencing berjalan lebih aman dan ringan.

Baca juga: Ini Keuntungan jika Perusahaan Anda Menggunakan Video Conference

Manfaat video conferencing lebih dari sekadar alat meeting

Video conferencing tidak hanya bisa digunakan untuk meeting saja. Banyak kegunaan lain yang bisa dimanfaatkan dari video conferencing, seperti:

·       HR dan Training

Bagi divisi HR, mereka bisa melakukan interview kepada calon karyawan lewat video conferencing. Selain itu, pemberian training pun juga bisa dilakukan lewat teknologi ini.

·       IT

Divisi IT juga bisa menggunakan video conferencing seperti untuk koordinasi soal pekerjaan serta perbaikan agar perusahaan bisa berjalan dengan lancar.

·       Professional Services

Layanan jasa profesional seperti pengajaran perkuliahan pun juga bisa mendapatkan keuntungan dari video conferencing. Misalnya, apabila dosen sedang tidak bisa hadir, dosen bisa tetap melakukan kegiatan belajar dan mengajar secara conference.

·       Marketing, sales, dan engineering

Divisi marketing, sales, dan engineering pastinya juga tertolong dari penggunaan video conferencing. Urusan pekerjaan bisa selesai dengan lebih cepat dan mudah berkat teknologi yang sangat berguna ini.

Baca juga: Kebutuhan Teknologi yang Harus Dipersiapkan Saat Masuk ke Industri Manufaktur

Eksistensi cloud video conferencing semakin hari semakin berkembang karena memberikan kemudahan yang lebih banyak dibandingkan teknologi video conferencing lainnya. Bagi yang ingin mendapatkan teknologi video conferencing yang berkualitas serta update dengan dunia teknologi, maka cloud video conferencing yang bisa diakses lintas devices seperti milik Lintasarta layak dipilih.