free page hit counter

Perbandingan Antara Metro Ethernet dan DWDM

Metro Ethernet

Pengguna internet di Indonesia umumnya dihadapkan oleh dua permasalahan utama. Pertama adalah problem soal spektrum dan yang kedua adalah perihal bandwidth. Jika dibandingkan dengan negara-negara lain, termasuk negara tetangga, kecepatan bandwidth internet Indonesia masih jauh tertinggal.

Baca juga: Perbedaan Internet Broadband dan Internet Dedicated

Pengaplikasian inovasi teknologi komunikasi terus dilakukan oleh pemerintah Indonesia. Beberapa di antaranya adalah penggunaan teknologi DWDM (Dense Wavelength Division Multiplexing) dan Metro-E atau Metro Ethernet. Apakah kedua teknologi ini sama? Mari simak penjelasan tentang perbandingan antara DWDM dengan Metro-E di bawah ini.

Mengenal teknologi DWDM dan Metro Ethernet

Sebelum melakukan perbandingan antara DWDM dan Metro Ethernet, sebaiknya Anda mengetahui lebih dulu pengertian keduanya. Dengan demikian memahami dua teknologi komunikasi ini pun akan menjadi lebih mudah. Anda pun akan lebih mudah memutuskan mana jaringan yang akan digunakan. Berikut ini penjelasan tentang teknologi DWDM dan Metro Ethernet:

  • Pengertian DWDM

DWDM adalah singkatan dari Dense Wavelength Division Multiplexing. Teknologi ini merupakan pengembangan dari WDM (Wavelength Division Multiplexing). Inovasi ini muncul karena adanya trafik yang tinggi pada sejumlah backbone (koneksi berkecepatan tinggi). Trafik tinggi pada backbone menyebabkan penuhnya kapasitas jaringan.

DWDM bertransmisi melalui media fiber optic, Teknologi ini kemudian beroperasi dalam satu jaringan fiber optic yang nantinya bisa terus berkembang. Dalam prakteknya saat ini, DWDM tidak hanya melayani backbone, tetapi juga digunakan untuk jaringan yang ada di kota-kota besar di dunia.

  • Pengertian Metro Ethernet

Metro-E atau Metro Ethernet jika diterjemahkan secara harfiah berarti jaringan komunikasi yang mencakup satu kota besar (metro) dengan memanfaatkan Ethernet sebagai transportasi data. Cara kerjanya sendiri mirip dengan jaringan Ethernet pada umumnya, yang membedakan hanyalah cakupan jaringan.

Baca juga: Tips Memilih Provider Internet untuk Perusahaan

Pada umumnya perangkat Metro Ethernet digunakan untuk menghubungkan jaringan komunikasi antar beberapa titik yang terpisah. Prakteknya sering ditemukan pada bisnis atau institusi besar untuk menghubungkan kantor pusat dengan cabang-cabang mereka di tempat lain. Metro Ethernet berfungsi sebagai sebuah “jembatan” bagi setiap jaringan yang terpisah.

Pilih mana, DWDM atau Metro Ethernet?

Lalu manakah perangkat yang sebaiknya Anda gunakan? Jika melihat sekilas, keduanya memang tampak superior karena bisa menghubungkan jaringan komputer yang sebelumnya terpisah. Namun jika diperhatikan baik-baik, salah satunya lebih unggul dibandingkan dengan yang lain. Metro-E, dalam penggunaan saat ini cenderung superior jika dibanding dengan DWDM.

Ini karena Metro Ethernet jauh lebih fleksibel dibandingkan DWDM. Jaringan yang ditawarkan Ethernet sangat beragam sehingga provider pun bisa lebih mudah menentukan paket produk layanan. Dari segi pengguna pun akan diuntungkan karena mereka memiliki pilihan yang lebih banyak dan tidak akan kesulitan untuk upgrade layanan.

Perbandingan biaya pemasangan

Selain dari sisi penggunaan, dari sisi ekonomis pun Metro Ethernet memiliki keunggulan dibandingkan DWDM. Metro Ethernet dianggap memiliki nilai ekonomis yang lebih tinggi. Ini karena baik biaya instalasi, operasi, dan pemeliharaannya relatif murah. Pemeliharaan atau maintenance Metro Ethernet bahkan tidak harus dengan menerjunkan seorang teknisi sehingga bisa ditekan.

Di samping itu biaya layanan Metro Ethernet juga lebih terjangkau jika dibandingkan dengan DWDM atau perangkat lain seperti WAN. Menggunakan Metro Ethernet, Anda tidak harus mengeluarkan biaya tambahan lain untuk perangkat multiplexer. Jika ingin upgrade atau downgrade layanan pun Anda tidak harus mengeluarkan kocek tambahan lagi.

Baca juga: Berapa Besar Kebutuhan Ideal Internet untuk Sebuah Kantor?

DWDM sering dianggap sebagai solusi untuk menyelesaikan permasalahan komunikasi. Namun jika dibandingkan ternyata Metro Ethernet lebih unggul dari DWDM. Jadi rasanya Anda tidak perlu ragu untuk menggunakan teknologi Metro Ethernet. Lintasarta Metro Ethernet siap menyediakan layananyang hemat sehingga bisa membangun komunikasi point to point dan point to multipoint dalam bisnis Anda.

Info dwdmdwdm adalah