admin-pemasaran-la

November 14, 2017

Private Cloud atau Public Cloud? Panduan Memilih

Jika sedang membaca artikel ini, kemungkinan besar Anda sedang mempertimbangkan untuk menggunakan layanan cloud di perusahaan. Namun, setelah melakukan berbagai riset, Anda menemukan bahwa ternyata ada dua jenis layanan yang bisa dipilih: private cloud dan public cloud. Untuk membantu Anda menentukan jenis layanan terbaik bagi perusahaan, simak panduan berikut ini.

 

Private Cloud


Sesuai namanya, private cloud merupakan layanan yang dibangun dan digunakan oleh perusahaan atau organisasi, dengan resource compute, storeage & network yang dikhususkan untuk satu pelanggan/ organisasi. Layanan jenis ini dapat diakses menggunakan jaringan private maupun internet.

Public Cloud


Layanan public cloud dapat diakses oleh publik melalui internet, baik secara gratis maupun berbayar. Umumnya layanan ini menggunakan sharing resource pool, sehingga dari sisi biaya cenderung lebih ekonomis dibanding private cloud.

 

Hardware (Perangkat Keras)


Private maupun public cloud service sama-sama memerlukan perangkat keras sebagai host untuk membangun infrastruktur virtual. Namun ada sedikit perbedaan dalam penggunaannya:

  • Private service: dedicated – perangkat hanya digunakan oleh perusahaan Anda.

  • Public service: shared – satu perangkat dapat digunakan lebih dari satu perusahaan, diatur dan dikelola secara virtual.



Beberapa Faktor untuk Dipertimbangkan


Selain penjelasan di atas, masih ada beberapa faktor lain yang patut Anda pertimbangkan sebelum memilih private atau public cloud, yaitu:


  • Fleksibilitas


    Public cloud sangat scalable sehingga memungkinkan Anda untuk menyesuaikan kapasitas penggunaan berdasarkan kebutuhan. Dalam hal ini mengalahkan private cloud yang sejak awal memberi satu perangkat penuh, sehingga Anda tidak bisa fleksibel mengurangi atau menambahkan kapasitas sesuai kebutuhan Anda. (Pemenang: Public Cloud)




  • Customizable


    Sebelum memilih private cloud, mengingat Anda akan memiliki infrastruktur dedicated, Anda dapat melakukan penyesuaian lebih kompleks terkait hardware, jumlah storage, dan performa Hal ini cenderung lebih sulit dilakukan pada public cloud, karena secara virtual, Anda menggunakan perangkat yang sama dengan beberapa pengguna lain(Pemenang: Private Cloud) 




  • Performa Keseluruhan


    Meskipun keduanya memiliki performa yang terstandardisasi sehingga tidak memberikan kendala berarti, private cloud memberikan performa yang lebih menguntungkan dibandingkan public cloud. Hal ini tidak terlepas dari penggunaan perangkat dedicated, yang memungkinkan Anda untuk menyesuaikan pengaturan dan kapasitas perangkat sesuai kebutuhan perusahaan Anda. (Pemenang: Private Cloud)




  • Keamanan dan Kontrol


    Perangkat dedicated yang digunakan untuk satu perusahaan tentu lebih dapat dikontrol daripada perangkat yang shared. Keuntungan yang didapatkan jika menggunakan private cloud ini memberi Anda keleluasaan lebih untuk mengelola dan mengontrol data, aplikasi hingga kemampuan komputasi. Pada public cloud, kontrol dan keamanan perangkat virtual Anda akan sedikit lebih terbatas(Pemenang: Private Cloud)


 

Apa Kebutuhan Utama Anda?


Pemilihan layanan komputasi awan —private atau public— yang ideal sangat tergantung kepada kebutuhan masing-masing bisnis. Private cloud lebih cocok digunakan untuk bisnis yang berencana untuk mengembangkan skala infrastrukturnya dan membutuhkan keamanan dan kontrol data dalam level tinggi. Performansi perangkat dedicated akan lebih baik dan Anda dapat memprediksi biaya investasinya setiap bulan.

Menggunakan layanan private cloud menjadi langkah efisiensi, karena perusahaan Anda tidak perlu menangani banyak perangkat. Pengelolaan perangkat dilakukan oleh penyedia layanan cloud dengan pengawasan Anda dan Anda tetap menjadi pemegang akses penuh terhadap data dan aplikasi yang berjalan diatasnya.

Public cloud yang juga dapat dikembangkan sesuai kebutuhan, relatif menawarkan solusi yang berbeda. Biaya penggunaannya menjadi lebih rendah karena Anda hanya membayar sesuai dengan apa yang Anda gunakan. Fleksibilitas juga menjadi nilai tambah public cloud, memungkinkan Anda meningkatkan kapasitas penggunaan perangkat sejalan dengan meningkatnya traffic/ pengguna layanan Anda.

==

 

Private cloud sangat cocok untuk menjalankan operasional bisnis yang sensitif dan critical, sementara public cloud sangat cocok untuk menjalankan operasional bisnis yang tidak sensitif, dibuka untuk publik dan traffic yang tidak terduga.

 

Jadi, di antara private dan public cloud, layanan mana yang akan Anda pilih? Pikirkan kembali kebutuhan bisnis Anda dan pertimbangkan berbagai hal di atas. Semoga panduan ini dapat membantu Anda menentukan pilihan terkait jenis layanan cloud terbaik untuk perusahaan.

Artikel Lainnya