free page hit counter

Sedang Cari Internet Service Provider Baru? Pertimbangkan Dulu Hal Ini

Internet Provider

Era digital memberikan dampak tersendiri bagi masyarakat, termasuk perusahaan besar. Perusahaan besar membutuhkan jaringan internet dengan koneksi stabil dan mampu memberikan solusi untuk meningkatkan keuntungan. Sehingga diperlukan sebuah provider internet yang terpercaya.

Baca juga: 5 Pertimbangan jika Perusahaan Manufaktur Ingin Memilih Provider Internet

Bagi Anda yang sedang mencari internet service provider (ISP) baru, setidaknya ada lima hal yang perlu dipertimbangkan seperti berikut.

Perhatikan reputasi perusahaan provider internet

Langkah pertama yang perlu Anda perhatikan dan paling penting adalah memerhatikan reputasi perusahaan provider tersebut. Seperti di Indonesia saat ini, banyak provider internet yang menawarkan jasa dan pelayanan menarik. Karena itu, mengetahui reputasi perusahaan sangat penting agar Anda tidak salah dalam memilih provider. Terlebih lagi bila Anda menggunakan provider internet tersebut untuk keperluan perusahaan strategis, seperti industri manufaktur, pertambangan, dan finance.

Salah satu ciri perusahaan provider bereputasi baik adalah sudah terbukti berpengalaman dalam memberikan layanan terbaik dan memberikan dampak positif pada berbagai industri. Artinya, provider tersebut telah mendapatkan kepercayaan yang besar dan bisa diandalkan.

Area pelayanan

Setelah memperhatikan reputasinya, pastikan pula perusahaan provider tersebut memiliki area pelayanan yang luas. Penting untuk Anda ketahui, tidak semua provider menyediakan layanan yang mampu menjangkau seluruh wilayah Indonesia. Karena itu, Anda sebaiknya melakukan survei dan membandingkan area pelayanan sejumlah perusahaan provider internet.

Teknologi dan peranti yang digunakan provider internet juga dapat mempengaruhi area jangkauan maupun area pelayanannya. Bila perusahaan provider internet tersebut memiliki layanan maupun teknologi yang tersebar di Indonesia, bahkan mampu menjangkau wilayah yang terpencil, maka perusahaan itu layak untuk Anda pilih sebagai mitra bisnis.

Baca juga: After Sales Service Internet, Apa Itu dan Mengapa Sangat Penting?

Portofolio pengguna

Hal ketiga yang perlu juga sebagai bahan perbandingan adalah memperhatikan siapa saja konsumen dari perusahaan provider tersebut. Konsumen juga dapat berpengaruh pada tingkat kepercayaan masyarakat saat memilih penyedia internet. Contohnya, perusahaan provider internet tersebut banyak digunakan sebagai mitra untuk perusahaan, BUMN, hingga pemerintah.

Selain itu, yang perlu Anda perhatikan adalah testimoni dari pengguna provider internet tersebut. Mengapa demikian? Ini dikarenakan testimoni merupakan pengalaman langsung dari konsumen yang menggunakan sebuah produk. Bila testimoni yang diberikan banyak memberikan hal positif, bisa dikatakan bila perusahaan provider internet tersebut sudah terbukti dan mampu menangani berbagai macam permasalahan yang ada pada perusahaan besar.

Bandingkan after sales-nya

Berikutnya yang tidak kalah penting untuk diperhatikan adalah membandingkan after sales antar perusahaan provider. After sales di sini dapat diartikan sebagai layanan yang diberikan sebuah perusahaan kepada para konsumen, setelah proses pembelian dan berguna untuk menjaminan kualitas produk. Bentuknya sendiri bisa berupa pelayanan dan perawatan produk agar berjalan sebagaimana mestinya.

Dalam perusahaan provider, layanan after sales terbaik adalah yang memberikan total solution. Layanan total solution ini akan memberikan nilai lebih dalam mendukung transformasi digital di perusahaan konsumen. Juga tidak bisa dipungkiri, bila konsumen akan lebih percaya kepada perusahaan yang menawarkan after sales seperti ini.

Teknisi yang berpengalaman dan bersertifikat

Terakhir, Anda harus membandingkan apakah perusahaan provider yang ada memiliki teknisi yang berpengalaman. Hampir semua provider memiliki teknisi yang berpengalaman dan bersertifikat, namun Anda perlu memperhatikan apakah sertifikat tersebut terpercaya atau tidak.

Dengan adanya teknisi yang berpengalaman, risiko masalah yang mungkin akan muncul tentu bisa tertangani dengan baik. Hal tersebut juga untuk meminimalisasi kerugian bagi perusahaan Anda.

Baca juga: Apa Sajakah Fungsi IT yang Dapat Berjalan Otomatis?

Bayangkan saja bila teknisi tidak bersertifikat harus menangani permasalahan internet, bisa-bisa internet Anda tidak membaik atau justru memburuk. Bila itu terjadi, tentu akan menambah beban pengeluaran untuk mencari teknisi baru. Karena itu, sebaiknya Anda patut mencari provider yang memiliki teknisi bersertifikat terpercaya.

Salah satu perusahaan yang memiliki lima kriteria di atas dan bisa Anda pilih adalah Lintasarta. Lintasarta memiliki pengalaman lebih dari 31 tahun dalam memberikan solusi IT terbaik bagi perusahaan-perusahaan besar di Indonesia. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut dari produk-produk dan pelayanan terbaik, Anda bisa klik di sini. Semoga bermanfaat!