free page hit counter

Seperti Apa Maintenance yang Dibutuhkan untuk Sistem Informasi

sistem informasi teringrasi

Demi keberlangsungan suatu bisnis, sistem informasi harus rutin diperbaiki dalam kurun waktu tertentu. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kinerja agar semakin optimal. Selain itu, melakukan perbaikan atau maintenance juga akan meningkatkan keamanan data Anda dalam sebuah sistem. Untuk lebih mengetahui apa itu maintenance dalam sistem informasi dan apa saja yang dibutuhkan, simak ulasannya berikut ini.

Baca juga: Manfaat Memiliki Sistem Informasi Rumah Sakit Terintegrasi

Jenis maintenance

Dalam dunia teknologi, terutama penggunaan perangkat lunak, maintenance terdiri dari beberapa jenis berdasarkan kebutuhan dan tingkat risiko yang dihadapi oleh software ataupun sistem informasi tersebut. Secara umum, jenisnya dibedakan menjadi empat jenis, yakni corrective maintenance, adaptive maintenance, perfective maintenance, dan preventive maintenance.

  • Corrective maintenance

Jenis maintenance ini perlu Anda lakukan ketika terdapat sebuah bug dalam sistem informasi. Bug yang dimaksud dalam hal ini adalah kesalahan pada sebuah perangkat lunak sehingga sistem informasi tidak dapat berjalan dengan baik. Bug berbeda dengan virus, dan lebih dikarenakan faktor kesalahan manusia, baik itu dari developer atau hal lainnya. Bila sistem informasi Anda terindikasi bug, sesegera mungkin lakukan maintenance.

  • Adaptive maintenance

Selanjutnya adalah adaptive maintenance, yakni lebih mengacu pada sistem yang dibuat harus mengadaptasi perubahan di mana sistem informasi tersebut digunakan. Hal ini contohnya adalah ketika sebuah sistem informasi di-upgrade agar semakin optimal dalam penggunaannya.

Baca juga: Cara Memilih Perusahaan Penyedia Sistem Informasi Terintegrasi

  • Perfective maintenance

Maintenance selanjutnya adalah perfective maintenance. Bentuk dari maintenance ini adalah melakukan perbaikan untuk meningkatkan kualitas tanpa mengubah fungsi sistem informasi seperti semula.

  • Preventive maintenance

Sedangkan yang terakhir adalah preventive maintenance, yang merupakan gabungan dari ketiga jenis di atas. Maintenance ini lebih merupakan tindakan pencegahan munculnya bug yang dapat mengganggu kelancaran dari sebuah sistem informasi.

Memastikan IT manager mengerti sistem informasi dengan baik

Setelah Anda mengetahui mengenai beberapa jenis maintenance di atas, maka langkah selanjutnya dalam melakukan perbaikan adalah memastikan IT manager mengerti sistem informasi dengan baik. Tugas dari IT manager dan timnya bukanlah perkara mudah, mereka harus mengetahui bagaimana jalannya sistem informasi terintegrasi yang ada dalam sebuah pelayanan publik seperti rumah sakit contohnya.

Adanya IT manager yang andal dan dapat mengerti seluk beluk sistem informasi dengan baik, diharapkan mampu menanggulangi hal-hal yang tidak diinginkan di kemudian hari. Para IT manager ini juga harus mampu mengetahui potensi-potensi kerusakan atau gangguan dalam sistem informasi terintegrasi agar dapat segera ditanggulangi. Dengan begitu, kinerja dari pelayanan publik, contohnya pelayanan rumah sakit, bisa berjalan dengan baik. IT manager yang baik adalah mereka yang memiliki pengalaman dan biasanya juga memiliki sertifikat kompetensi.

After sales service penyedia jasa

Maintenance juga bisa dilakukan oleh pihak penyedia jasa sistem informasi terintegrasi yang Anda gunakan. Maintenance tersebut merupakan bagian after sales service dari harga yang dibayarkan. Keunggulan maintenance dari pihak perusahaan penyedia jasa sistem informasi ini adalah Anda akan mendapatkan pelayanan terbaik karena dilakukan oleh tenaga yang profesional dan ahli dalam bidangnya.

Baca juga: Apakah Data Rumah Sakit Aman Ketika Menggunakan Sistem Informasi Terintegrasi?

Salah satu perusahaan sistem informasi terintegrasi di Indonesia yang menyediakan layanan maintenance after sales service ini adalah Lintasarta. Dengan pengalaman selama kurang lebih tiga puluh tahun, Lintasarta terbukti mampu memberikan pelayanan terbaik untuk para konsumennya dan memastikan produk yang ditawarkan berjalan dengan baik sehingga dapat menunjang bisnis dan pelayanan di perusahaan Anda.

Itulah ulasan mengenai maintenance yang dibutuhkan untuk sistem informasi terintegrasi. Untuk informasi lebih lanjut mengenai perusahaan penyedia sistem informasi terintegrasi terbaik di Indonesia, Anda bisa klik di sini.

Info sistem