free page hit counter

Seperti Apa Pemanfaatan VSAT pada Perusahaan Pertambangan?

VSAT

VSAT (Very Small Aperture Terminal) yang merupakan sistem komunikasi satelit yang melayani pengguna rumahan dan bisnis, bermanfaat bagi banyak pihak, termasuk perusahaan pertambangan. Pada dasarnya, VSAT berfungsi sebagai stasiun penerima sinyal dari satelit dengan antena penerima. Nah, antena tersebut berbentuk piringan dengan diameter kurang dari tiga meter. Fungsinya adalah untuk menerima dan mengirim data ke satelit. Lalu, bagaimana pemanfaatannya pada perusahaan pertambangan?

Baca juga: Apa Itu VSAT Dan Bagaimana Pemerintah Dapat Memanfaatkannya?

Eksplorasi

Eksplorasi merupakan salah satu tahapan yang dilakukan oleh perusahaan pertambangan. Kegiatan ini perlu dilakukan untuk mengetahui geometri, posisi, kualitas, serta kuantitas endapan yang bertujuan untuk melakukan evaluasi terhadap endapan tersebut. Dalam dunia pertambangan sendiri, dikenal istilah resources (sumber daya) dan reserve (cadangan). Resource merupakan konsentrasi alami berupa endapan bahan galian yang berpotensi ditambang, sedangkan reserve termasuk sumber daya yang menguntungkan dan bisa ditambang menggunakan teknologi saat ini.

Nah, VSAT bermanfaat dalam salah satu tahapan pertambangan ini karena mampu menyediakan sistem telekomunikasi yang dibutuhkan. Terlebih lokasi-lokasi eksplorasi pertambangan sangat mungkin untuk tidak memiliki akses internet. Di lokasi-lokasi yang terpencil selama melakukan eksplorasi ini, tentu penggunaan media kabel (wireline) seperti fiber optik sama sekali tidak bisa diandalkan. Oleh karena itu, perlu digunakan VSAT yang dapat memperluas telekomunikasi di sejumlah wilayah di Indonesia yang saat ini cenderung masih terbatas jumlahnya.

Komunikasi

Dalam melakukan tugasnya dengan sempurna, perusahaan pertambangan membutuhkan proses komunikasi yang memadai. Hal tersebut hanya bisa diperoleh dengan memanfaatkan perangkat yang dapat menyediakan jangkauan komunikasi yang dibutuhkan, salah satunya adalah dengan menggunakan VSAT. VSAT yang mampu melakukan penanganan terhadap komunikasi digital dengan bit rate hingga di atas 56 Kbps dapat memenuhi kebutuhan perusahaan pertambangan terhadap komunikasi yang memadai selama berbagai proses pertambangan berlangsung.

Baca juga: Bagaimana Menghubungkan Kantor Cabang Tanpa Koneksi Terestrial?

VSAT yang merupakan salah satu teknologi terbaik dan sesuai bagi pengguna yang membutuhkan komunikasi serta jaringan independen yang menghubungkan berbagai lokasi yang terpisah secara geografis, tentu membawa dampak besar bagi kelancaran tahapan-tahapan yang dilakukan oleh perusahaan pertambangan. Komunikasi antara tim yang berada di lapangan dengan tim yang ada di dalam kantor misalnya, bisa terjalin dengan baik melalui ketersediaan komunikasi yang disediakan oleh VSAT. Tidak salah bila VSAT sangatlah bermanfaat bagi perusahaan pertambangan Indonesia.

Keamanan dan pemantauan

Dalam melakukan berbagai proses pertambangan, keamanan merupakan salah satu hal terpenting dan utama yang penting untuk diperhatikan. Apalagi mengingat medan atau lapangan yang dihadapi cukup membahayakan. Nah, kesempurnaan persiapan bisa semakin disempurnakan dengan penggunaan VSAT yang memberikan hubungan komunikasi point to multipoint pita lebar yang bermanfaat dalam berbagai proses yang dilakukan oleh perusahaan pertambangan.

Baca juga: Apa Saja Pilihan Komunikasi dan Konektivitas untuk Perusahaan Pertambangan?

Selain keamanan, pemantauan juga sangat penting untuk diperhatikan dalam proses pertambangan. Pemantauan yang baik dapat menghasilkan hasil yang terbaik pula. Komunikasi yang baik juga bisa membuat proses tukar informasi antar orang-orang lapangan dengan orang-orang yang berada di kantor menjadi lebih lancar. Kelancaran komunikasi yang terjalin sangatlah penting bagi kelancaran proses pertambangan. Informasi seputar bencana-bencana yang mungkin terjadi selama proses pertambangan bisa diketahui melalui penggunaan VSAT ini.

Nah, itulah informasi pemanfaatan VSAT pada perusahaan pertambangan yang harus diketahui. Pastikan Anda memilih VSAT yang disediakan oleh provider terpercaya seperti Lintasarta. Dengan menggunakan VSAT, berbagai tahapan yang dilakukan oleh perusahaan pertambangan bisa dilakukan dengan lebih lancar. Perusahaan pertambangan pun bisa menghasilkan hasil yang lebih maksimal. Tertarik info lebih jelasnya? Anda bisa menghubungi kami di sini.

Info provider yg masih pakai vsat