lintasarta

February 27, 2020

2 Media Komunikasi untuk Menunjang Operasional di Offshore

Offshore adalah kata dalam bahasa Inggris yang berarti lepas pantai. Sesuai namanya, pekerjaan offshore meliputi berbagai hal yang berkaitan dengan pembangunan atau struktur yang dibangun di atas laut dengan kedalaman tertentu. Pekerjaan offshore biasanya dilakukan untuk menopang proses eksplorasi minyak & gas bumi. Mengingat lapangan pekerjaannya tidak berada di darat, aktivitas operasional di offshore harus ditunjang oleh media komunikasi utama.

Baca juga: Bagaimana Pemanfaatan VSAT pada Perusahaan Minyak dan Gas?


Apa saja media-media komunikasi tersebut? Dapatkan informasi detailnya melalui pembahasan di bawah ini.

Pentingnya media komunikasi di offshore


Bagi para pelaku bisnis dunia, sektor minyak dan gas merupakan primadona karena menawarkan hasil investasi yang besar. Sektor ini sangat menarik di Indonesia karena Indonesia mempunyai sumber daya alam yang sangat besar jumlahnya. Untuk mendapatkan keuntungan besar tersebut, banyak tantangan yang harus dihadapi dan diselesaikan, salah satunya adalah komunikasi. Komunikasi sendiri termasuk bagian dari tantangan utama yang dihadapi sektor migas karena berhubungan dengan kelangsungan rantai nilai aktivitas eksplorasi.

Pemerintah Indonesia yang setiap tahunnya menerapkan target produksi minyak dan gas yang terus mengalami peningkatan membuat aktivitas eksplorasi menjadi sangat penting diperhatikan. Sebagai solusi, perlu digunakan teknologi informasi dan komunikasi yang bertujuan untuk efisiensi di setiap perusahaan. Adanya kelancaran arus komunikasi berupa data, suara, hingga video, tentu dapat menunjang bisnis utama perusahaan dan mencapai hasil yang maksimal. Komunikasi di offshore akan memastikan proses di lapangan yang aman, nyaman, dan lancar.

Solusi penunjang aktivitas operasional di offshore


Untuk menunjang aktivitas operasional di offshore, ada beberapa teknologi yang bisa dimanfaatkan. Beberapa di antaranya adalah:

1. VSAT


Mengingat sektor migas mempunyai daerah operasi yang terpencil hingga ke tengah lautan untuk melakukan kegiatan eksplorasi maupun eksploitasi, penggunaan teknologi satelit merupakan pilihan yang sangat layak dipertimbangkan. Komunikasi informasi yang baik dapat dilakukan dengan menggunakan layanan Very Small Aperture Terminal (VSAT) yang dapat menjangkau wilayah operasi hingga ke daerah yang sangat terpencil sekalipun.

Baca juga: Seperti Apa Pemanfaatan VSAT pada Perusahaan Pertambangan?


Layanan VSAT yang dapat memenuhi kebutuhan pengiriman maupun akses data produksi yang real-time juga bisa menjadi solusi penunjang aktivitas operasional di offshore. Beberapa produk VSAT yang tersedia juga mempunyai layanan untuk lokasi offshore, misalnya seperti Lintasarta Sea Star. Dilengkapi dengan fitur auto-tracking yang bisa stay-tuned pada satelit yang tengah digunakan meski dalam keadaan bergerak, komunikasi satelit satu ini menggunakan frekuensi C-Band dengan diameter antena 2.4 meter yang sangat berfungsi untuk menunjang kelancaran komunikas

2. Radio Trunking


Radio Trunking bisa menjadi solusi bagi aktivitas operasional offshore karena berfungsi mendukung operasional perusahaan yang berada di lokasi terpencil. Teknologi radio satu ini sudah sangat populer digunakan pada sektor industri minyak dan gas, pertambangan, hingga perkebunan karena manfaat yang ditawarkan. Salah satu produk Radio Trunking terbaik berasal dari Lintasarta. Lintasarta yang memgembangkan teknologi Radio Trunking menawarkan produk yang dilengkapi dengan teknologi full digital dan fitur GPS tracking yang bisa dimonitoring dari kantor pusat.

Selain itu, Lintasarta juga memastikan bahwa kualitas layanan yang dihadirkan sangat prima dan bisa diandalkan hingga ke daerah-daerah terpencil di Indonesia. Teknologinya yang didukung dengan jaringan luas dengan keberadaan 54 local support di seluruh Indonesia membuatnya sangat layak untuk dijadikan solusi penunjang aktivitas operasional di offshore. Produk yang dihadirkan oleh perusahaan yang berkomitmen menjadi partner yang selalu bisa diandalkan ini tentunya sangat layak dipertimbangkan untuk mendapatkan hasil dalam sektor offshore secara optimal.

Baca juga: Perkembangan Teknologi Radio dari Masa ke Masa


Nah, itulah informasi media komunikasi utama untuk menunjang aktivitas operasional di offshore yang perlu Anda ketahui. Mulai sekarang, demi kelancaran aktivitas bisnis, pastikan Anda telah memilih media komunikasi utama terbaik untuk mendapatkan hasil yang terbaik pula. Tertarik menggunakan layanan Lintasarta? Anda bisa menghubungi kami di sini.

Artikel Lainnya