Kapan Organisasi Anda Butuh Metro Ethernet?

Metro Ethernet merupakan solusi komunikasi data pada lingkup kota atau wilayah. Istilah Metro Ethernet berasal dari metropolitan area ethernet, dan dapat dilihat sebagai penerapan teknologi Ethernet, namun dengan cakupan yang lebih luas, sampai satu kota besar seperti Jakarta dan Surabaya.



Dibandingkan teknologi konektivitas lain, Metro Ethernet relatif lebih mudah dikelola. Ini disebabkan Metro Ethernet WAN didasarkan kepada teknologi yang sudah digunakan di dalam jaringan lokal (LAN), dan di berbagai produk jaringan.



Baca juga: Jenis Perusahaan yang Cocok Menggunakan Layanan Metro Ethernet



Oleh karena itu, kebanyakan tenaga profesional IT perusahaan sudah memiliki pengalaman dan pengetahuan dengan teknologi yang mendasari Metro Ethernet. Tidak hanya itu, perusahaan umumnya tidak banyak mengalami masalah teknis ketika mengadopsi Metro Ethernet untuk konektivitas datanya.



Tentunya tidak semua organisasi membutuhkan konektivitas Metro Ethernet. Namun dalam banyak kasus, kebutuhan konektivitas organisasi Anda akan lebih baik dipenuhi oleh Metro Ethernet. Dalam kondisi apa perusahaan atau instansi Anda membutuhkan sambungan Metro Ethernet?



Memiliki beberapa kantor yang tersebar dalam satu kota/wilayah



Suatu perusahaan atau instansi pemerintahan bisa jadi memiliki beberapa kantor yang tersebar di dalam satu kota atau wilayah. Sebagai contoh, suatu bank mungkin memiliki lebih dari kantor cabang di suatu kota, ditambah dengan beberapa kantor cabang pembantu. Suatu instansi pemerintahan bisa memiliki beberapa kantor di suatu wilayah untuk dapat melayani warga dengan lebih baik. Perguruan tinggi atau sekolah tidak jarang memiliki lebih dari satu kampus di satu kota.



Untuk dapat bekerja sama dan bertukar data dengan lebih optimal, akan lebih baik bila semua kantor cabang di satu kota ini ini terhubung dengan saluran data berkecepatan tinggi, seperti Metro Ethernet.



Aplikasi internal yang menuntut koneksi yang lebih andal



Saat ini semakin banyak organisasi mengandalkan aplikasi internal yang membutuhkan saluran data dengan performa terbaik. Streaming video, komunikasi suara, dan transfer berkas berukuran besar antara sesama kantor cabang sudah bukan hal asing lagi. Agar bisnis dan operasional instansi berjalan lancar, Anda membutuhkan koneksi yang lebih andal.



Baca juga: Fungsi Metro Ethernet untuk perusahaan



Metro Ethernet tidak hanya menawarkan kecepatan tinggi, tetapi juga latency terendah. Layanan Metro Ethernet juga andal, dengan tingkat uptime tinggi dibandingkan jenis konektivitas lainnya. Bila aplikasi internal organisasi Anda membutuhkan koneksi data seperti ini, Metro Ethernet bisa menjadi solusi.



Koneksi aman buat sesama kantor



Organisasi Anda tentunya tetap ingin memiliki konektivitas yang aman antar kantor, meskipun tersebar di berbagai lokasi. Beberapa bisnis dan instansi memastikan keamanan sambungan data ini dengan mengambil langkah ekstra ketika memilih jenis layanan koneksi data.



Dengan menggunakan layanan Metro Ethernet, pelanggan dapat lebih mudah mengamankan sambungan datanya karena koneksinya menggunakan jaringan privat.



Bila organisasi Anda memenuhi salah satu kondisi yang sudah diuraikan di atas, sudah saatnya untuk mempertimbangkan penggunaan layanan Metro Ethernet. Lintasarta menyediakan layanan Metro Ethernet yang sesuai untuk bisnis dan atau instansi Anda, dengan berbagai keunggulan.



Dengan Metro Ethernet dari Lintasarta, organisasi Anda dapat menghubungkan kantor-kantor yang tersebar di beberapa lokasi dalam satu jaringan VLAN. Tidak perlu perubahan konfigurasi fisik, atau peralatan tambahan, dan demikian biaya tambahan untuk perlengkapan dapat ditekan.



Baca juga: Tips Mencari Provider Metro Ethernet yang Tepat Sesuai Kebutuhan



Tersedia pilihan bandwidth antara 1 Mbps sampai 100 Gbps, sesuai kebutuhan pelanggan. Kecepatan dan keandalan terjamin karena Lintasarta menggunakan transmisi serat optik (fiber) dan jaringan khusus. Keamanan lebih terjamin karena menggunakan sambungan privat. Dukungan teknis tersedia di lebih dari 70 kota di seluruh di Indonesia.



Lintasarta telah berpengalaman lebih dari dua dasawarsa dalam solusi komunikasi data dan teknologi informasi. Untuk mengetahui lebih lanjut keunggulan solusi Metro Ethernet dari Lintasarta, silakan hubungi kami.