lintasarta

October 26, 2022

Menyongsong Era Kolaborasi Modern dengan Metro Ethernet

Komunikasi dan kolaborasi antar karyawan sangat diperlukan, baik untuk berbagi gagasan maupun berkas (dokumen, foto, video, dan sebagainya). Komunikasi dan kolaborasi ini tidak hanya terbatas pada rekan sekantor, tetapi juga rekan antar perusahaan yang berada di kantor lain.



Sebelumnya, kolaborasi dan rapat mungkin akan terasa lebih lancar bila dilakukan dengan lewat pertemuan tatap muka. Namun, saat ini berbagai aplikasi kolaborasi dan rapat (meeting) daring semakin lazim digunakan. Apalagi setelah banyak perusahaan melewati masa pandemi, semakin banyak orang yang terbiasa menghadiri rapat virtual.



Baca Juga: Aplikasi Bisnis Apa Saja yang Ideal untuk Layanan Metro Ethernet?



Kumpulan alat-alat kolaborasi ini sebelumnya juga dikenal dengan istilah Unified Communication (komunikasi terpadu). Perbedaan terpenting dengan alat kolaborasi modern adalah penekanan pada fitur yang memungkinkan kerja sama oleh para karyawan, dan tidak hanya sekadar komunikasi. Pada saat ini, vendor Unified Communications juga sudah menambahkan berbagai fitur yang memudahkan.



Kolaborasi Cloud dan on-premise



Saat ini banyak pilihan yang tersedia untuk aplikasi kolaborasi. Aplikasi Cloud (Software as a Service) merupakan pilihan populer, karena fleksibilitasnya. Namun, aplikasi kolaborasi berbasis Cloud ini belum tentu memenuhi persyaratan buat beberapa jenis perusahaan atau organisasi.



Atas alasan keamanan dan privasi data, beberapa perusahaan mungkin lebih menyukai untuk membeli solusi kolaborasi yang dapat dipasang di perangkat milik perusahaan (on-premise).



Dengan solusi on-premise, transmisi data dapat dijaga agar tetap melalui jaringan internal perusahaan, dan data tersimpan di ruang server/pusat data milik perusahaan. Solusi seperti ini biasanya lebih mahal dibandingkan aplikasi SaaS atau Cloud yang dibayar dengan berlangganan, namun tetap bisa jadi pilihan bila diperlukan.



Baca Juga: Manfaat Metro Ethernet untuk Lembaga Pemerintahan



Berbagai vendor perangkat seperti Microsoft, Cisco, dan Zoom menyediakan solusi peralatan kolaborasi perangkat lunak yang dapat dipasang on-premise. Solusi seperti ini akan lebih disukai oleh perusahaan yang membutuhkan aplikasi kolaborasi yang lebih privat.



Peralatan kolaborasi ini mencakup perangkat rapat/meeting virtual (konferensi video), pesan, telepon VoIP, serta berbagi berkas (file sharing).



Didukung oleh Metro Ethernet



Konferensi video memiliki kelebihan dibandingkan peralatan kolaborasi jenis lain, karena manusia memproses visual lebih cepat dibandingkan teks atau audio. Namun alat seperti ini menuntut bandwidth yang cukup tinggi, terutama perangkat lunak rapat daring/virtual yang menggunakan streaming video. Dalam hal ini, perusahaan memerlukan sambungan berkecepatan tinggi, seperti Metro Ethernet.



Metro Ethernet yang berasal dari istilah metropolitan area ethernet adalah jaringan berbasis standar ethernet, namun dengan cakupan yang lebih luas (kota atau wilayah). Karena Metro Ethernet menggunakan standar yang sama dengan jaringan lokal, pada umumnya para staf IT suatu organisasi tidak banyak kesulitan ketika mengadopsi layanan ini.



Metro Ethernet umumnya digunakan untuk menghubungkan banyak kantor menggunakan saluran data berkecepatan tinggi. Karena itu, saluran Metro Ethernet merupakan keharusan bila perusahaan menggunakan alat-alat kolaborasi modern yang menuntut kecepatan dan keandalan saluran data.



Lintasarta Metro Ethernet



Layanan Metro Ethernet dari Lintasarta memungkinkan berbagai perusahaan, pemerintahan, dan organisasi lainnya untuk dapat menyongsong era kolaborasi daring modern.



Lintasarta Metro Ethernet menyediakan konektivitas berkecepatan tinggi, dengan pilihan bandwidth hingga 100 Gbps, sesuai kebutuhan. Kecepatan, keandalan, dan keamanan terjamin karena Lintasarta menggunakan transmisi serat optik (fiber) dan koneksi privat. Kami menyediakan layanan dan dukungan teknis di lebih dari 70 kota di seluruh di Indonesia.



Baca Juga: Kapan Organisasi Anda Butuh Metro Ethernet?



Memiliki pengalaman puluhan tahun dalam solusi komunikasi data, Lintasarta siap membantu perusahaan menjalankan aplikasi bisnisnya secara aman. Silakan hubungi kami untuk mendapatkan informasi lebih lanjut terkait keunggulan solusi Lintasarta Metro Ethernet.