Bagaimana Pemanfaatan VSAT pada Perusahaan Minyak dan Gas?

Sebagian besar perusahaan di Indonesia sudah banyak yang memanfaatkan VSAT dalam menjalankan bisnisnya, seperti salah satunya adalah perusahaan yang bergerak di bidang minyak dan gas. Sistem komunikasi satelit ini memang menjadi jawaban bagi perusahaan-perusahaan yang membutuhkan komunikasi cepat dan mudah dari berbagai lokasi.



Berfungsi menerima serta mengirim data melalui satelit, VSAT dapat memberikan berbagai jenis manfaat. Apa saja manfaat VSAT pada perusahaan minyak dan gas yang dimaksud? Cek informasinya di bawah ini.



Untuk pengiriman data dengan pusat atau antar cabang



Berbagai industri banyak mengalami perubahan akibat munculnya teknologi konektivitas modern. Terlebih, saat ini pandemi telah menjadi katalisator transformasi digital yang tentunya akan membutuhkan sistem infrastruktur jaringan yang kuat demi kelancaran bisnis.



Baca jugaBagaimana Menghubungkan Kantor Cabang Tanpa Koneksi Terestrial?



Internet of Things (IoT) dapat dimanfaatkan sebagai pendukung dalam pengumpulan informasi dari sejumlah sumber, menggabungkan data, hingga menganalisisnya secara real-time bisa dilakukan dengan mudah dan aman. Melalui konektivitas yang berkembang, peluang inovasi pun bertambah besar. Di sinilah pentingnya VSAT sebagai bagian dari pendukung konektivitas tersebut.



Perusahaan minyak dan gas dapat memanfaatkan VSAT yang menawarkan konektivitas untuk melakukan sejumlah hal penting, termasuk melakukan pengiriman data dengan pusat atau antar cabang. VSAT yang dalam hal ini mampu menghapus hambatan operasional jangka panjang, dapat mempercepat proses pengiriman data dengan pusat atau antar cabang untuk hasil yang lebih maksimal.



Keamanan dan privasi



Keuntungan lain yang dapat diperoleh oleh perusahaan minyak dan gas dari penggunaan VSAT adalah keamanan dan privasi yang diberikan. Perusahaan minyak dan gas yang melakukan proses operasionalnya di lokasi-lokasi cukup terpencil membuat layanan VSAT memainkan peran penting yang harus dipertimbangkan. Terlebih, VSAT menawarkan keamanan dan privasi yang dibutuhkan perusahaan minyak dan gas.



Baca jugaPerluas Jangkauan Komunikasi Antar Lembaga Pemerintah Daerah dengan Cara Ini



Setiap keputusan maupun  informasi yang harus segera disampaikan ke orang-orang yang bekerja di lapangan tentu harus dilakukan dengan aman dalam lingkup operasional perusahaan minyak dan gas. Oleh karena itu, penggunaan VSAT bagi perusahaan minyak dan gas cukup krusial. VSAT sebagai teknologi digital berperan penting dalam meningkatkan pemantauan serta proses operasi yang lebih baik di lapangan, sehingga perusahaan minyak dan gas bisa mendapat hasil maksimal.



Komunikasi antar karyawan



Tidak hanya dapat memberikan keamanan dan privasi yang dibutuhkan, VSAT juga mampu menciptakan lingkungan yang lebih terhubung dan cerdas. Tentu, lingkungan yang lebih terhubung dan cerdas ini sangat penting untuk menjalankan komunikasi antar karyawan yang maksimal. Dengan begitu, data yang dikumpulkan dapat dimanfaatkan untuk mendapat hasil kerja yang diinginkan.



Berbagai faktor yang memiliki potensi menghambat kinerja perusahaan minyak dan gas juga bisa diantisipasi dengan jalanin komunikasi antar karyawan yang baik. Perbaikan konektivitas di lapangan bagi perusahaan minyak dan gas sangat krusial karena memungkinkan penyelesaian tugas-tugas yang beragam dalam waktu yang lebih singkat. Oleh sebab itu, VSAT yang menawarkan komunikasi antar karyawan sangat penting untuk dipertimbangkan.



Baca jugaApa Saja Pilihan Komunikasi dan Konektivitas untuk Perusahaan Pertambangan?



Melalui penggunaan VSAT, sejumlah manfaat di atas dapat perusahaan minyak dan gas dapatkan. VSAT yang memberikan manfaat pengiriman data dengan pusat atau antar cabang, keamanan dan privasi, hingga komunikasi antar cabang membuatnya semakin menarik untuk dipertimbangkan.



Dalam memilih layanan VSAT, penting pula bagi Anda melihat reputasi perusahaan penyedia layanan tersebut. Untuk itu, Anda bisa melihat kinerja perusahaan penyedia VSAT tersebut dan pelayanan serta fitur yang ditawarkan. Lintasarta memberikan layanan  total solution bagi komunikasi perusahaan Anda, sehingga perusahaan dapat terhubung dengan kantor cabang di tempat terpencil sekalipun tanpa perlu menggunakan koneksi terestrial.



Lintasarta menawarkan layanan SCPC VSAT dan IP VSAT, sesuai kebutuhan. Layanan IP VSAT memungkinkan suatu organisasi untuk menjangkau kantor cabang di mana pun dengan teknologi satelit, sedangkan SCPC VSAT ditujukan untuk perusahaan dan instansi yang membutuhkan konektivitas data lewat satelit dengan bandwidth terjamin (dedicated).



Ingin tahu lebih lengkapnya? Anda bisa hubungi kami di sini.