3 Masalah Managed Email yang Sering Terjadi di Perusahaan

Bertukar pesan melalui aplikasi pesan instan sudah menjadi aktivitas yang tak terlewatkan setiap harinya, baik untuk menjalankan komunikasi bisnis maupun hanya bertukar sapa. Selain pesan singkat, berkirim pesan melalui email juga menjadi aktivitas penting dalam menjalankan operasional bisnis setiap harinya. Jumlah email seiring waktu juga kian bertambah. Oleh karena itu, tak jarang ditemukan email lawas yang terabaikan.

 

Firma riset Radicati pada awal 2019 menyebutkan jumlah total pengguna email aktif meningkat hingga 3,9 miliar. 43% bisnis juga menghabiskan lebih banyak anggaran pemasaran untuk email pemasaran pada 2019. Mengingat pentingnya email perusahaan untuk keberlangsungan bisnis, perusahaan perlu memberikan perhatian pada pengelolaan email, termasuk mengatasi masalah email secara lebih baik. Berikut beberapa masalah email yang sering dihadapi perusahaan.

 

Baca juga: Keuntungan Menggunakan Managed Mail untuk Keamanan Email Anda


 

Masalah yang sering dihadapi dalam mengelola email perusahaan


 

  • Keamanan


Di era digital, data merupakan aset penting bagi banyak perusahaan. Oleh karena itu dalam setiap perjalannya, keamanan data patut menjadi perhatian termasuk saat berkirim data melalui email. Sebagai contoh, perusahaan perbankan menggunakan software hosting situs web dengan basic email.


Selain tampilan dan pengoperasiannya yang tidak ramah pengguna, perusahaan software hosting tersebut juga tidak menyediakan server email di Indonesia. Padahal, data keuangan yang dihimpun oleh perusahaan perbankan merupakan data yang sensitif. Dengan demikian, akan lebih aman jika data tersebut disimpan di server yang berlokasi di Indonesia. Tidak hanya itu, praktik dari layanan ini tidak menyediakan akses mobile sehingga menyulitkan setiap orang untuk mengaksesnya dari berbagai perangkat.


 

  • Back-up otomatis


Fitur back-up otomatis memang ditawarkan oleh beberapa penyedia layanan email. Namun, penggunaan software hosting situs web dengan basic email tidak menyediakan fitur back-up tersebut. Dengan demikian, email perusahaan berpotensi terhapus saat penyedia software hosting mengalami gangguan teknis.


 

  • Dedicated support


Masalah email lainnya yang tak jarang dirasakan dalam mengelola email adalah terjadinya gangguan yang disebabkan oleh hal teknis dari penyedia layanan terkait. Akibatnya, kolaborasi antar tim yang tengah berlangsung akan ikut terganggu. Masalah ini memang terkadang dapat diselesaikan oleh karyawan perusahan. Namun dengan dukungan atau penangan langsung dari penyedia layanan, masalah email kemungkinan akan lebih mudah dan cepat diatasi.


 

Baca juga: Managed Mail: Kelola Email Tanpa Kerumitan


 

Solusi Managed Email


 

Kendati terbilang sederhana, pengelolaan email perlu menjadi salah satu perhatian perusahaan. Untuk membantu berbagai perusahaan di Indonesia dalam mengelola email, Lintasarta menghadirkan layanan Lintasarta Managed Mail.

 

Lintasarta Managed Mail adalah layanan berkirim pesan melalui email dengan fitur premium yang saling terintegrasi. Dengan menggunakan Lintasarta Managed Mail, Anda dapat meningkatkan koordinasi bisnis Anda ke tingkatan yang lebih canggih, sederhana, dan aman. Bekerja sama dengan Zimbra dan Microsoft Exchange sebagai partner teknologi terdepan di bidangnya, didukung infrastruktur Cloud dan Security Lintasarta di Indonesia yang semakin mumpuni, memastikan kolaborasi via email berjalan secara efektif, efisien, dan aman.

 

Salah satu keunggulan Lintasarta Managed Mail adalah adanya fitur canggih yang mampu membantu pengguna fokus pada email penting. Tidak hanya itu, layanan ini juga dapat diterapkan pada smartphone sehingga memudahkan akses kapan pun dan di mana pun.

 

Baca juga: Bagaimana Solusi Managed Mail Dapat Meningkatkan Produktivitas Tim IT Anda Secara Drastis


 

Dari sisi keamanan, Lintasarta Managed Mail menyediakan solusi pengelolaan email yang aman dengan server email 99,9% SLA. Lintasarta Managed Mail juga memungkinkan perusahaan untuk mencadangkan email secara otomatis berkat fitur ActiveSync. Fitur lainnya yang melengkapi Lintasarta Managed Mail yaitu adanya report aktivitas setiap bulan, dukungan pemecahan masalah dengan respons yang cepat hingga gateway mail yang aman.

 

Anda dapat menghubungi kami untuk mengetahui informasi lebih lanjut terkait Lintasarta Managed Mail.