Memecahkan Masalah Hybrid Cloud dengan SD-WAN

Hybrid Cloud (komputasi awan hibrida) saat ini menjadi strategi pilihan perusahaan kelas dunia. Sebuah studi dari Flexera, State of the Cloud 2020 melaporkan bahwa 74% responden dari 750 perusahaan yang disurvei menggunakan teknologi tersebut, dan hanya 22% yang murni menggunakan Public Cloud. Sementara itu, persentase pengguna yang hanya menggunakan Private Cloud sangat sedikit, yaitu 2% saja. Statistik ini sejalan dengan perkiraan Gartner bahwa pada 2021, sebagian besar (75%) perusahaan besar dan menengah akan menggunakan pendekatan Hybrid Cloud.

Secara ringkas kita dapat mendefinisikan Hybrid Cloud sebagai gabungan Public Cloud (komputasi awan publik) dan Private Cloud (komputasi awan privat). Terdapat berbagai skenario kombinasi yang mungkin, sesuai kebutuhan perusahaan. Skenario umum adalah teknologi tersebut digunakan sebagai infrastruktur utama, sedangkan Public Cloud berfungsi sebagai cadangan atau pendukung.

 

Baca juga: Pentingnya Mengendalikan Biaya Penggunaan Cloud Computing Anda


 

Hybrid Cloud ideal bagi perusahaan yang ingin mengoptimalkan investasi prasarananya, menginginkan kendali terhadap data sensitif, tetapi tetap mendapatkan manfaat dari fleksibilitas dari Public Cloud.

 

SD-WAN untuk mendukung hybrid cloud


Banyak perusahaan sudah mengadopsi SD-WAN (Software-Defined Wide Area Network) untuk meningkatkan performa jaringannya. SD-WAN menawarkan kemudahan pengelolaan, meningkatkan keamanan jaringan, dan berpotensi menekan biaya sehingga lebih murah dibandingkan WAN tradisional.

Salah satu pendorong adopsi SD-WAN juga adalah semakin populernya Cloud Computing, baik SaaS (Software as a Service) maupun IaaS (Infrastructure as a Service). SD-WAN memungkinkan lalu lintas data (traffic) lebih efisien dan lebih murah. Traffic dapat menggunakan koneksi Internet publik, terhubung ke layanan penyedia Cloud SaaS/IaaS tanpa harus melalui koneksi WAN internal terlebih dahulu.

Bagaimana dampak penggunaan Hybrid Cloud terhadap jaringan? Teknologi tersebut menggabungkan karakteristik yang paling menarik dari Public dan Private Cloud. Tetapi dari segi pengelolaan jaringan, komputasi awan hibrida memberikan tantangan tersendiri.

Pada Hybrid Cloud, terjadi penggabungan instalasi on-premise dan infrastruktur Public Cloud, yang sebenarnya berada pada jaringan berbeda. Private Cloud terhubung langsung ke para pemakainya dalam perusahaan, sedangkan koneksi ke Public Cloud dilakukan melalui Internet publik.

 

Baca juga: Modernisasi Pengelolaan Supply Chain Lewat Adopsi SD-WAN


 

Penggabungan keduanya bisa menyebabkan masalah, antara lain memastikan konektivitas aman, perbedaan konfigurasi, dan konsistensi jaringan. Masalah ini dapat dipecahkan dengan bantuan teknologi SD-WAN.

SD-WAN menyederhanakan pengelolaan jaringan, yang sangat membantu buat jaringan Hybrid Cloud yang menggabungkan berbagai elemen berbeda. Pada jaringan yang menggunakan SD-WAN, konfigurasi dan fiturnya jaringan konsisten dalam keseluruhan instalasi teknologi tersebut.

Aplikasi yang menggunakan Hybrid Cloud mungkin tersambung dengan sumber daya Private atau Public, sesuai kebutuhan. Jaringan SD-WAN dapat diatur agar memprioritaskan dan menjamin bandwidth aplikasi tertentu, dan karena itu performa aplikasi yang menggunakan teknologi tersebut dapat tetap terjaga.

Untuk menerapkan teknologi SD-WAN, perusahaan dapat membangun sendiri atau memanfaatkan layanan managed service. Dengan Managed Service SD-WAN, perusahaan dapat mengatasi masalah yang mungkin timbul pada jaringan Hybrid Cloud-nya dengan lebih cepat dibandingkan membangun sendiri.

Lintasarta menyediakan solusi lengkap untuk perusahaan yang memerlukan layanan Managed Service SD-WAN, mulai dari penyediaan infrastruktur jaringan, perangkat, sumber daya manusia, pemantauan dan pemeliharaan teknologi SD-WAN.

 

Baca juga: Backup Data Perusahaan, Cukupkah dengan Single Cloud?


 

Bila Anda belum mengadopsinya tetapi Anda tertarik dengan Hybrid Cloud Computing, Anda juga dapat memanfaatkan jasa Lintasarta Cloud Services. Dengan Lintasarta Cloud Services, kami menyediakan solusi teknologi tersebut, bersama-sama dengan berbagai layanan Cloud Computing lainnya.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang keunggulan berbagai solusi dari Lintasarta, silakan hubungi kami.