lintasarta

May 03, 2021

Apa Manfaat Smart City bagi Masyarakat dan Pemerintah?

Smart City adalah sistem yang digunakan oleh pemerintah kota untuk mengumpulkan data yang memanfaatkan berbagai jenis sensor Internet of Things (IoT). Data tersebut kemudian dimanfaatkan sebagai wawasan untuk mengambil sebuah keputusan terkait kebijakan kota. Konsep dari Smart City adalah dengan mengintegrasikan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dan berbagai perangkat IoT untuk mengoptimalkan efisiensi operasi dan layanan kota, serta terhubung dengan warga kota.



Baca juga: Peran Teknologi Smart City pada Era Pasca Pandemi



Dengan konsep ini, pemerintah terkait bisa lebih mudah untuk terhubung dengan masyarakat, memantau infrastruktur dan fasilitas kota hingga peristiwa yang terjadi di wilayahnya secara real-time serta dapat mengambil keputusan dengan cepat berdasarkan data yang sudah tersedia. Sebaliknya, masyarakat juga akan merasakan kemudahan dalam menjalankan aktivitas dan merasakan kedekatan dengan pemerintah.



Manfaat Smart City



Teknologi yang diterapkan pada Smart City dapat membuat kota lebih efektif dan efisien. Hal ini semakin diperlukan mengingat pertumbuhan penduduk perkotaan yang begitu cepat. Secara lebih rinci, berikut 4 manfaat Smart City:





  1. Lebih efektif

    Data yang terhimpun dari berbagai perangkat IoT memungkinkan pemerintah untuk mengakses sejumlah informasi (Big Data) yang sebelumnya tidak tersedia. Data tersebut dapat ditindaklanjuti sebagai sebuah pertimbangan dalam pengambilan keputusan yang lebih baik atau juga disebut Decision Support System (DSS).




  2. Masyarakat lebih aman

    Selanjutnya, manfaat Smart City adalah membuat masyarakat menjadi lebih aman karena teknologi yang digunakan seperti Intelligent Video Analytics (IVA) membantu mengurangi aktivitas kriminal. Sederhananya, teknologi IVA dapat dengan mudah menangkap data seperti plat nomor, detektor benda tajam atau senjata, hingga teknologi pengenal wajah bertujuan untuk menegakkan hukum. Ketika Smart City diterapkan, peralatan yang didukung teknologi tersebut akan meminimalisir tindak kriminal pada suatu daerah. 




  3. Mengurangi kerusakan lingkungan

    Dengan dukungan teknologi IoT, pemerintah dapat menerapkan sensor kualitas udara yang mampu menyajikan data untuk melacak puncak waktu kualitas udara yang rendah, mengidentifikasi penyebab polusi dan memberikan analisis data untuk menyimpulkan tindakan yang bisa ditempuh. Sensor tersebut dapat memberikan rekomendasi untuk mengurangi polusi udara, bahkan di kota-kota dengan penduduk yang padat.




  4. Peningkatan transportasi

    Menurut SmartCity Press, investasi transportasi Smart City diprediksi akan meningkat lebih dari 25% setiap tahun, setidaknya hingga 2023. Sistem transportasi terhubung yang merupakan bagian dari konsep Smart City juga memiliki potensi besar untuk meningkatkan efisiensi di seluruh kota. Mulai dari manajemen lalu lintas yang ditingkatkan, manajemen parkir pintar, hingga kemampuan masyarakat untuk melacak lokasi transportasi umum dapat dinikmati sebagai manfaat Smart City. Selain itu, teknologi sinyal lalu lintas yang cerdas juga mampu mengurangi kemacetan.





Baca juga: 4 Kota di Indonesia yang Sudah Terapkan Konsep Smart City?



Penerapan Smart City sendiri tak lepas dari tantangan, baik dari sisi infrastruktur, keamanan, maupun sosialisasi. Salah satu infrastruktur yang krusial untuk diterapkan adalah masalah konektivitas yang tentunya akan berkaitan dengan penerapan IoT. Untuk mengatasi tantangan dan menerapkan Smart City, Lintasarta menawarkan beberapa tahapan penerapan solusi Smart City secara terarah dan optimal. Solusi ini mencakup masterplan, implementasi, hingga sosialisasi ke masyarakat. Solusi Smart City milik Lintasarta, atau juga disebut SKOTA by Lintasarta, dapat di-bundling dengan beberapa teknologi lain seperti Security untuk mengamankan data yang dimiliki oleh pemerintah. Sehingga teknologi Security ini dapat dijadikan langkah preventif kebocoran data.



Baca juga: Seperti Apa Konsep Smart City untuk Ibu Kota Baru?



Dengan tahapan-tahapan tersebut, implementasi Smart City dapat berjalan dengan lebih optimal. Solusi SKOTA by Lintasarta juga dapat membantu pemerintah menerapkan daerah yang lebih cerdas dan berkelanjutan. Anda juga bisa menghubungi kami untuk informasi lebih lanjut.