lintasarta

April 27, 2021

Apa Itu SIMRS dan Bagaimana Penerapannya di 2022?

Sebelum membahas mengenai SIMRS, simak beberapa fakta berikut ini. Mungkin kebanyakan dari Anda sering mengeluh mengenai panjangnya antrean dan pelayanan rumah sakit yang lamban. Situasi yang sama masih terjadi hingga saat ini terutama di tengah kondisi pandemi. Penyebabnya adalah manajemen data rumah sakit di lintas divisi yang belum terintegrasi sepenuhnya.



Baca jugaSeberapa Perlu Rumah Sakit Anda Gunakan Sistem Informasi Integrasi?



Masalah tersebut bisa diatasi salah satunya dengan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS). SIMRS adalah sistem teknologi informasi komunikasi yang memproses dan mengintegrasikan seluruh alur proses pelayanan rumah sakit dalam bentuk jaringan koordinasi, pelaporan, dan prosedur administrasi untuk memperoleh informasi secara tepat dan akurat.



Bagaimana penerapan SIMRS yang tepat?



SIMRS adalah solusi bagi rumah sakit untuk transformasi digital. SIMRS sudah diatur dalam regulasi SIMRS yang tertuang pada Permenkes RI Nomor 82 tahun 2013 tentang Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit. Dalam regulasi SIMRS tersebut dinyatakan bahwa setiap rumah sakit wajib menyelenggarakan SIMRS. Namun sayangnya rumah sakit dinilai tidak memiliki pengelolaan IT yang komperhensif, sehingga menjadi kendala penerapan maupun pengembangan SIMRS.



Pengembangan SIMRS oleh rumah sakit secara internal tentu membutuhkan waktu dan resource yang cukup banyak. Belum lagi biaya yang dikeluarkan untuk pengembangan SIMRS yang tidak sedikit. Oleh karena itu, penggunaan layanan SIMRS pihak ketiga menjadi pilihan terbaik.



Baca jugaMasalah yang Sering Muncul dalam Sistem Manajemen Rumah Sakit Konvensional



Lintasarta SIMRS dapat menjadi alternatif untuk Anda yang sedang mencari SIMRS terbaik. Lintasarta SIMRS adalah sistem pencatatan rekam medis yang mengintegrasikan seluruh alur proses pelayanan rumah sakit secara real-time untuk memperoleh informasi medis dan non-medis secara tepat dan akurat.



Keunggulan Lintasarta SIMRS



Terintegrasi dengan berbagai sistem, Lintasarta SIMRS telah mengintegrasikan berbagai layanan di Indonesia seperti layanan asuransi hingga layanan pembayaran. Di antara layanan asuransi di Indonesia yang terintegrasi dengan Lintasarta SIMRS yaitu BPJS, di mana layanan ini mencakup banyak masyarakat di Indonesia dari berbagai wilayah. Lintasarta SIMRS terintegrasi dengan BPJS melalui V-Claim dan E-Claim untuk mempermudah rumah sakit dalam melakukan administrasi pasien. Dengan demikian, keunggulan solusi Lintasarta ini akan memudahkan proses administrasi rumah sakit sehingga antrean pasien maupun calon pasien bisa diminimalisir.



Data yang real-time



Berkat kerja sama Lintasarta dengan berbagai pihak terkait, Lintasarta SIMRS dapat menyajikan data secara real-time. Selain itu, dukungan SDM Lintasarta yang tersebar di 54 kota di Indonesia dan Lintasarta Contact Center yang siaga 24x7, akan memudahkan rumah sakit mengatasi kendala sistem dengan cepat.



Pencatatan rekam medis yang mumpuni



Lintasarta SIMRS dilengkapi dengan serangkaian sistem mencakup Patient Administration System, Electronic Medical Record, Department Information System, dan Enterprise Resource Planning. Secara khusus, Electronic Medical Record berfungsi untuk merekam berkas rekam medis pasien selama kegiatan pelayanan medis dilakukan. Biasanya, pencatatan rekam medis pasien dilakukan secara manual. Dengan menggunakan teknologi Lintasarta SIMRS, rekam medis pasien dapat dilakukan secara digital sehingga dapat mempercepat tenaga medis dalam melakukan dan mempersiapkan tindakan. 



Semua data yang terhimpun dalam serangkaian sistem di atas akan tersimpan di Data Center sehingga menjadi big data. Selanjutnya, basis data yang besar tersebut dapat dianalisis untuk kepentingan lainnya seperti penelitian dan pengembangan.



Baca jugaManfaat Memiliki Sistem Informasi Rumah Sakit Terintegrasi



Dukungan teknologi di zaman digital seperti saat ini memang sangat dibutuhkan. Dengan SIMRS di mana data terintegrasi, akan memudahkan proses administrasi serta pengelolaan data lainnya di rumah sakit menjadi lebih mudah dan efisien. SIMRS pada akhirnya akan mampu meningkatkan pelayanan rumah sakit menjadi lebih cepat. Manfaat ini tidak hanya berdampak positif bagi berbagai pihak di rumah sakit, namun juga bagi pasien dan masyarakat secara umum.



Dengan pengalaman selama lebih dari 3 dekade, Lintasarta berkomitmen untuk membantu pengembangan industri di Indonesia termasuk sektor kesehatan melalui Lintasarta SIMRS. Hubungi kami untuk mendapatkan layanan Lintasarta SIMRS terbaik dan informasi lebih detail terkait solusi Lintasarta SIMRS.