lintasarta

February 18, 2021

SKOTA Tani: Pusat Informasi Lengkap bagi Petani Modern

Petani modern dihadapkan dengan tantangan seperti harga pupuk yang tinggi, sementara harga jual produk tani tetap rendah atau bahkan malah menurun. Untuk mengatasi tantangan ini, petani butuh meningkatkan produktivitas, menekan biaya, dan menemukan pasar agar dapat menjual produk tani dengan harga yang layak. 



Baca juga: Bagaimana Pemberdayaan Kelompok Tani untuk Kemajuan Pertanian Lokal?



Ketersediaan informasi sangat penting untuk memecahkan semua tantangan tersebut. Petani, seperti juga pekerja lainnya, membutuhkan informasi agar dapat bekerja dengan optimal. Bagi petani modern kemajuan teknologi informasi tidak hanya berarti kemudahan berkomunikasi dengan teman dan saudara lewat media sosial, atau menikmati hiburan lewat layanan streaming video. Teknologi informasi juga berpotensi membantu kemajuan sektor pertanian.



Informasi berguna untuk petani modern



Informasi tentang teknik pertanian terkini



Pakar pertanian terus mengembangkan teknik terbaru untuk meningkatkan produktivitas pertanian, dan membasmi hama dan penyakit. Namun, informasi tentang hal ini belum tentu sampai di telinga petani. Sebaliknya, petani juga mungkin menemukan teknik baru atau masih mengingat praktik setempat yang bermanfaat tetapi sudah terlupakan secara umum. 



Informasi tentang ketersediaan pupuk dan peralatan pertanian



Peralatan pertanian terkini dan pupuk bisa membantu petani modern meningkatkan produktivitas lahan. Informasi tentang ketersediaan peralatan, pemasok, dan harganya akan sangat berguna buat petani yang membutuhkan.



Informasi pasar



Petani tentunya ingin mendapatkan harga terbaik untuk produknya. Bila petani mengetahui harga terkini dan calon pembeli yang bersedia membeli dengan harga layak, petani bisa memutuskan kapan harus menjual atau menyimpan produknya di lumbung, serta kepada siapa saja produk tersebut sebaiknya dijual.



Informasi cuaca



petani membutuhkan informasi ramalan cuaca untuk mengetahui saat terbaik menanam dan memanen tanaman pertanian. Dengan pengetahuan tentang cuaca, petani bisa menghindari gagal panen atau hasil produksi yang tidak diinginkan



Informasi keuangan



Petani mungkin membutuhkan bantuan keuangan untuk pembelian perangkat baru, benih, atau pupuk yang dapat meningkatkan produksi. Pengetahuan tentang sumber kredit atau pinjaman ringan akan membantu petani modern untuk berkembang.



Baca juga: Bagaimana Cara Meningkatkan Hasil Pertanian dengan Teknologi?



Untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan di atas, Lintasarta memiliki solusi berupaya layanan SKOTA Tani, yang dapat menjadi simpul terpadu untuk menyediakan semua jenis informasi tersebut. Beberapa fitur dari SKOTA Tani by Lintasarta, misalnya:




  • Informasi cuaca: SKOTA Tani by Lintasarta terintegrasi dengan sensor cuaca milik Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). Dari fitur informasi cuaca yang ditampilkan melalui aplikasi SKOTA Tani by Lintasarta, petani dapat memperoleh informasi cuaca hingga satu minggu ke depan.

  • Edukasi:  SKOTA Tani by Lintasarta menyediakan informasi edukatif, misalnya panduan menanam, yaitu cara terbaik menanam berbagai jenis tanaman. Petani dapat memilih sesuai jenis tanaman yang diperlukan. SKOTA Tani by Lintasarta juga menampilkan informasi seputar pertanian yang sudah dikurasi, yang bisa menambah wawasan para petani. 

  • Marketplace: SKOTA Tani by Lintasarta juga tersedia untuk calon pembeli. Petani dapat menawarkan produk mereka langsung di aplikasi ini kepada pembeli, memintas perantara, sehingga petani dapat menjual dengan harga yang lebih tinggi. Karena pembeli memperoleh hasil pertanian dari tangan pertama, kesegarannya juga lebih terjamin.

  • Forum diskusi: Forum ini bisa menjadi tempat bagi para petani untuk berbagi pengalaman dan mendapat informasi mengenai kiat-kiat pertanian. Di forum tersebut juga hadir pakar pertanian yang dapat turut memberi saran. Dengan aktif di dalam forum diskusi, petani bisa mendapatkan solusi terbaik dan memecahkan masalah dengan lebih cepat.



Selain menjadi simpul informasi dan pengetahuan, SKOTA Tani by Lintasarta juga telah mendukung modernisasi pertanian dengan mengintegrasikan informasi dari IoT (Internet of Things). Teknologi ini berupa sensor yang dapat mengukur unsur hara, kelembapan, kadar air tanah, dan sebagainya. 



Baca juga: SKOTA Tani: Aplikasi Pertanian Penunjang Petani Pintar



SKOTA Tani membantu memastikan petani selalu bisa mengakses informasi yang diperlukan. Bila Anda tertarik mengembangkan sektor pertanian dengan menyediakan pusat informasi lengkap, silakan hubungi kami.