E-Learning, Apa Itu dan Bagaimana Mengoptimalkannya?

Aktivitas Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) membuat akselerasi penggunaan teknologi yang sangat pesat. Penggunaan metode pembelajaran e-Learning pun menjadi solusi bagi beberapa institusi pendidikan karena pertemuan tatap muka (tradisional) tidak direkomendasikan akibat adanya pandemi Covid-19 sejak tahun lalu.



Metode e-Learning dalam sistem pendidikan di Indonesia sebenarnya bukan hal baru. Beberapa perguruan tinggi telah menerapkan metode tersebut sejak beberapa tahun silam. Hanya saja, adanya pandemi membuat metode tersebut populer diterapkan di dunia pendidikan.



Baca juga: Bagaimana Cara Mewujudkan Pembelajaran Digital di Indonesia?



Solusi e-Learning merupakan suatu sistem atau konsep pendidikan yang memanfaatkan teknologi informasi dalam proses belajar sehingga membuat proses belajar dilakukan secara online. Dengan e-Learning, proses belajar dapat dilakukan di mana saja dan tidak terikat akan tempat, seperti kelas tradisional (tatap muka).



Umumnya bahan atau materi pembelajaran dalam e-Learning berbentuk digital dan disimpan di dalam server atau di sistem komputasi awan (Cloud Computing). Dengan begitu, materi pembelajaran tersebut dapat diakses oleh siapa pun, baik pengajar atau siswanya secara real-time melalui jaringan komputer.



Kenapa e-Learning dibutuhkan



Ada banyak manfaat apabila dunia pendidikan menggunakan metode e-Learning dalam pembelajaran kepada para siswanya. Selain karena adanya faktor pandemi Covid-19 yang masih berlangsung, sehingga pertemuan tatap muka diminimalkan agar terhindar dari risiko penyebaran virus, e-Learning penting agar dunia pendidikan Indonesia dapat berkembang seiring pesatnya kemajuan teknologi seperti era sekarang.



Selain itu, e-Learning juga dapat menunjang proses pembelajaran agar lebih mudah diterapkan oleh para siswa. Sebab, dengan metode tersebut, kini siswa dapat memiliki waktu fleksibel untuk menentukan waktu belajar mereka, tidak seperti kelas tradisional sebelumnya.



Baca juga: 5 Kendala yang Sering Dihadapi Menjadi Kampus Digital



Performa siswa pun dapat diawasi dengan metode pembelajaran e-Learning. Misalnya, ketika para pengajar ingin melihat pencapaian materi yang telah diberikan kepada siswanya. Dengan begitu, kemampuan para siswa dapat terpantau dengan baik sehingga solusi pun dapat diambil apabila ada beberapa materi yang tidak dikerjakan dengan baik.



Manfaat lainnya menggunakan e-Learning adalah dapat menghemat biaya. Kehadiran e-Learning dapat meminimalkan biaya tambahan lain, seperti kelas tradisional, atau mencetak materi pembelajaran, karena semua materi tersebut tersedia dalam bentuk digital (online).



Optimalkan dengan Lintasarta Smart Campus



Lintasarta yang telah memiliki pengalaman lebih dari 33 tahun dalam industri teknologi di Indonesia menyediakan solusi bagi Anda yang ingin mengoptimalkan metode e-Learning dalam institusi pendidikan.



Layanan Lintasarta Smart Campus e-Learning ini terintegrasi dengan sistem SIAKAD (Sistem Informasi Akademik) miliki Perguruan Tinggi, sehingga modul mata kuliah tidak perlu dimasukkan oleh para penggunanya. Seluruh sivitas akademika pun dapat mengakses layanan ini selama 24/7 melalui web browser yang terhubung dengan jaringan Internet melalui teks, video, gambar, hingga media-media pembelajaran lainnya.



Smart Campus e-Learning juga dapat diintegrasikan dengan platform Video Conference, sehingga masing-masing kelas perkuliahan memiliki ruangan Video Conference sendiri tanpa perlu membuat ruangan baru setiap harinya. Dengan integrasi ini, dapat melakukan proses rekapitulasi daftar kehadiran secara otomatis dengan mencatat waktu masuk mahasiswa ke ruangan Video Conference. Setiap sesi perkuliahan dapat direkam, dan rekaman tersebut secara otomatis disimpan sehingga memungkinkan mahasiswa melihat kembali sesi perkuliahan sebelumnya.



Baca juga: Lintasarta Smart Campus, Solusi Mendirikan Kampus Digital



Selain itu, Lintasarta Smart Campus e-Learning juga terintegrasi dengan sistem Lintasarta Cloud sehingga akan mempermudah penggunanya dalam menyimpan atau membagikan data dan materi pembelajaran ke sesama mahasiswa atau dosen dalam lingkungan kampus.



Jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut bagaimana layanan Lintasarta Smart Campus e-Learning, silakan hubungi kami di sini.