Tren Teknologi dalam Dunia Pendidikan pada 2021

Teknologi dan dunia pendidikan terus berkembang pada era sekarang. Terlebih hadirnya pandemi membuat akselerasi penggunaan teknologi terus meningkat karena sejumlah institusi pendidikan, khususnya di Indonesia, melaksanakan pembelajaran dan kegiatan operasionalnya secara daring.



Seperti dalam survey Kaspersky, misalnya, yang menyatakan tren penggunaan teknologi baru dalam sistem pendidikan akan terus berlanjut hingga tahun depan. Hal ini berkaitan dengan maraknya penggunaan berbagai platform teknologi, seperti Youtube dan Tiktok sebagai media pengajaran.



Menurut Kaspersky, pada periode 2020, sekitar 60% guru di dunia telah menggunakan Youtube. Google pun dikabarkan telah meluncurkan aplikasi video pendek Tangi, untuk memediasi penggunanya untuk fokus menghasilkan konten-konten pembelajaran.



Baca Juga: Tantangan Dunia Pendidikan Hadapi Era New Normal



Sementara itu, Bytedance, perusahaan pengembang Tiktok asal China pun dikabarkan akan meluncurkan produk Edtech seperti Ruangguru di Indonesia. Ini dikarenakan karena pasar pendidikan sangat tinggi di China, yang mana berdasar riset iiMedia Research diperkirakan mencapai 63,6 miliar US Dollar, atau naik 12,3% dibandingkan 2019.



Lantas, seperti apa tren teknologi dalam dunia pendidikan pada 2021? Simak ulasannya berikut ini.



Big Data Analytic



Teknologi Big Data Analytic semakin populer digunakan dalam dunia pendidikan. Hal ini karena setiap institusi pendidikan memiliki data-data berkapasitas besar terkait rekam jejak siswa, karyawan, hingga dosen, yang harus di simpan ke dalam sebuah manajemen Cloud Computing (komputasi awan) yang memiliki kapasitas 1TB atau bahkan unlimited.



Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR)



Virtual Reality dan Augmented Reality (AR) mulai populer digunakan dalam dunia pendidikan pada masa pandemi. Penggunaan teknologi ini untuk memberikan pengalaman berbeda bagi para siswa dalam proses mengajar, meski tidak berada dalam satu lokasi.



Artificial Intelligent (AI)



Fungsi teknologi Artificial Intelligence (AI) cukup marak digunakan di beberapa platform Edtech yang sudah berkembang di Indonesia saat ini. Dengan teknologi AI, siswa bisa mendapatkan mentor virtual yang dapat memberikan umpan balik dari aktivitas belajar dan latihan soal, hingga pemberian rekomendasi materi pembelajaran seperti pengajar.



Baca Juga: Keuntungan Perguruan Tinggi Gunakan Teknologi SIAKAD



Platform Media Sosial



Penggunaan platform media sosial juga merupakan salah satu tren yang berkembang pesat dalam dunia pendidikan pada 2021. Hal ini dapat dilihat dari beberapa pengajar yang memberikan materi-materi kepada siswanya lewat video-video di Youtube atau Instagram.



e-Learning



Metode pembelajaran e-Learning sangat populer setelah pandemi Covid-19 merebak sejak tahun lalu. Beberapa hal yang harus dipersiapkan saat menjalankan metode ini dalam dunia pendidikan tentunya adalah penggunaan infrastruktur teknologi yang andal, mulai dari pengembangan multimedia hingga platform Learning Management System (LMS).



Lintasarta Smart Campus e-Learning



Sebagai bentuk komitmen untuk menyukseskan proses digitalisasi dalam dunia pendidikan, Lintasarta memiliki layanan Lintasarta Smart Campus e-Learning untuk institusi pendidikan yang ingin mengoptimalkan metode pembelajaran e-Learning saat ini.



Baca Juga: Bagaimana Cara Mewujudkan Pendidikan Modern Berbasis Online?



Lintasarta Smart Campus e-Learning juga telah terintegrasi dengan Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) milik perguruan tinggi di Indonesia. Hal ini tentunya akan memudahkan pengguna karena beberapa modul mata kuliah tidak perlu lagi dimasukkan secara manual, serta dapat diakses 24/7 melalui web browser.



Selain itu, Lintasarta Smart Campus e-Learning juga dapat diintegrasikan dengan platform video conference, sehingga dapat memudahkan proses mengajar dan setiap sesi perkuliahan dapat direkam yang bisa membuat seorang siswa untuk kembali melihat sesi tersebut apabila terlewat.



Jika Anda ingin mengetahui lebih detail bagaimana layanan Lintasarta Smart Campus e-Learning, silakan hubungi kami.