lintasarta

August 04, 2021

5 Universitas yang Telah Terapkan Teknologi Smart Campus

Teknologi Smart Campus semakin populer dalam beberapa tahun terakhir dalam dunia pendidikan di Indonesia. Teknologi ini sebenarnya telah diaplikasikan di sejumlah negara sejak beberapa tahun terakhir. Namun, adanya pandemi Covid-19 membuat percepatan implementasi teknologi tersebut semakin terasa, khususnya di Indonesia.



Smart Campus merupakan penggunaan berbagai teknologi cerdas berbasis teknologi informasi dalam lingkungan akademis, baik universitas, institut, perguruan tinggi, hingga politeknik. Dengan teknologi tersebut, seluruh aktivitas pembelajaran antara dosen dan sivitas akademika ditunjang dengan penggunaan hardware serta software yang telah dirancang untuk menunjang proses pembelajaran.



Baca juga: Apa Itu Pendidikan 4.0 dan Bagaimana Penerapannya di Indonesia?



Selain menunjang proses pembelajaran, teknologi Smart Campus juga dapat membantu proses bisnis di perguruan tinggi menjadi lebih efisien dan efektif, sehingga perguruan tinggi dapat melakukan Tri Dharma perguruan tinggi dengan lebih mudah, terkontrol, dan termonitor dengan baik.



Beberapa perguruan tinggi di luar negeri telah menerapkan konsep Smart Campus sejak satu dasawarsa terakhir. Sementara itu, di Indonesia, beberapa perguruan tinggi pun sudah mulai menerapkannya, meski masih dihadapkan kepada sejumlah tantangan.



Berikut ini adalah beberapa pilihan institusi pendidikan yang telah menerapkan teknologi Smart Campus dalam lingkungan akademiknya.



University of Nebraska



Pada November 2020, Universitas Nebraska di Amerika Serikat meraih penghargaan Most Intelligent Higher Education Campus karena penggunaan teknologi Smart Campus untuk di lingkungan kampus. Salah satu teknologi yang digunakan adalah sistem sensor yang dapat mendeteksi gerak di lingkungan kampus, sehingga efisiensi energi yang digunakan dapat meningkat secara signifikan.



Selain itu, Universitas Nebraska juga menyediakan beberapa fasilitas untuk mahasiswanya di tengah pandemi Covid-19 dengan menerapkan sistem teknologi pengendalian udara di dalam gedung, serta menyusun kapasitas tempat duduk di dalam kelas menggunakan data terintegrasi.



Arizona State University



Arizona State University di Amerika Serikat merupakan salah satu perguruan tinggi yang telah menerapkan teknologi Smart Campus sejak lama. Teranyar, Arizona State University membuat aplikasi khusus bernama ASU Commencement App, untuk memberikan pengalaman mahasiswanya saat hadir di perayaan kelulusan di tengah pandemi Covid-19.



Dengan aplikasi tersebut, mahasiswa dapat merasakan momen untuk merayakan kelulusan mereka seperti biasa, meski tidak berada di lokasi dengan teknologi Augmented Reality.



California State University



Sejak 2016, California State University telah menerapkan teknologi Smart Campus dalam lingkungan akademiknya. Beberapa teknologi yang digunakan, antara lain laboratorium komputer virtual, sistem pencatatan absensi, Cloud email, data storage as a services, hingga map khusus untuk setiap pengunjung yang berada di lingkungan kampus.



Universitas Padjadjaran



Selain beberapa universitas di luar negeri, beberapa perguruan tinggi di Indonesia juga telah mengaplikasikan teknologi Smart Campus. Universitas Padjadjaran (Unpad) di Bandung, misalnya, yang telah menerapkan kebijakan ujian skripsi secara daring melalui layanan video conference.



Baca juga: Dampak Digitalisasi Pendidikan terhadap Industri 4.0 di Indonesia



Selain itu, Unpad pun telah membuka layanan ijazah dan transkrip digital kepada para mahasiswanya selama masa pandemi. Dengan begitu, mahasiswa tidak perlu datang ke kampus untuk mengambil ijazah dan transkrip karena cukup mengunggahnya di dalam sistem internal kampus.



Universitas Airlangga



Universitas Airlangga (Unair) yang terletak di Surabaya pun mengoptimalkan penerapan Smart Campus selama pandemi. Dengan teknologi Smart Campus, Unair telah menyelenggarakan Ujian Tengah Semester (UTS) dan ujian skripsi secara online melalui video conference.



Selain itu, Unair juga menerapkan perkuliahan online, melalui website ataupun aplikasi mobile agar aktivitas pembelajaran dan interaksi antar dosen pada mahasiswanya dapat dilakukan seperti biasa secara real-time, meski tidak harus datang ke kampus.



Layanan Lintasarta Smart Campus



Sebagai penyedia solusi berbasis teknologi dengan pengalaman lebih dari 33 tahun di Indonesia, Lintasarta telah bekerja dengan beberapa perguruan tinggi untuk terus mengembangkan teknologi Smart Campus di Tanah Air. Ada banyak fitur yang dapat digunakan apabila Anda ingin mengimplementasikan teknologi dalam lingkungan kampus lewat Lintasarta Smart Campus.



Fitur-fitur tersebut pun dihadirkan dalam bentuk solusi menyeluruh, mulai dari penyediaan infrastruktur IT yang andal, platform dan sistem terintegrasi untuk manajemen, hingga pembuatan aplikasi mobile phone untuk setiap sivitas akademika kampus.



Dengan aplikasi mobile phone, misalnya, mahasiswa ataupun dosen dapat mengetahui jadwal kuliah, mengecek daftar hadir dan kalender akademik kampus, melakukan pembayaran kuliah, mengisi Kartu Rencana Studi (KRS), hingga meminjam buku di perpustakaan.



Baca juga: Lintasarta Smart Campus, Solusi Mendirikan Kampus Digital



Selain itu, ada pula fitur pembayaran di kantin. Dengan fitur ini, mahasiswa dan dosen tidak perlu lagi melakukan pembayaran cash kepada para tenant di kantin kampus karena semuanya dilakukan melalui aplikasi mobile yang telah dirancang oleh Lintasarta.



Bagaimana, tertarik menggunakan layanan Lintasarta Smart Campus untuk mewujudkan kampus pintar di lingkungan perguruan tinggi yang Anda miliki? Silakan hubungi kami di sini untuk mengetahui detail mengenai keunggulan Lintasarta Smart Campus.