Keuntungan Menggunakan Lintasarta Smart Campus e-Learning

Selama pandemi Covid-19, institusi pendidikan di Indonesia menerapkan sistem pembelajaran jarak jauh atau biasa disebut PJJ. Lantaran berbeda dengan pembelajaran tradisional (tatap muka), sistem PJJ memerlukan bantuan teknologi dengan sistem terintegrasi yang andal agar berjalan maksimal.



Mengacu terhadap hasil survei lembaga riset Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) pada akhir 2020, disebutkan, 92% siswa dan mahasiswa yang menjalani PJJ secara daring sering mengalami masalah, baik dalam hal non-teknis maupun teknis, dalam hal ini adalah platform teknologi yang digunakan.



Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi, Nadiem Makarim, pun menegaskan, penggunaan teknologi yang andal bukan hanya sebagai media penunjang PJJ saja, melainkan dapat diadaptasi mendukung kegiatan pendidikan lainnya, meski pandemi berakhir pada masa mendatang.



Baca Juga: 5 Universitas yang Telah Terapkan Teknologi Smart Campus



“Penggunaan teknologi akan permanen. Persoalan apakah (teknologi) untuk (pembelajaran) hybrid, yang penting ada kemerdekaan, keseimbangan pendidikan yang ditentukan oleh institusi pendidikan,” kata Nadiem, dalam sesi Akademi Edukreator 2021, seperti dilansir Antara, 14 Juli 2021.



Lintasarta Smart Campus e-Learning



Pada Juli 2020, Lintasarta meluncurkan solusi Lintasarta Smart Campus e-Learning, sebagai bentuk kepedulian bagi institusi pendidikan di tengah era pandemi Covid-19. Dengan solusi tersebut, sivitas akademika dapat melakukan proses belajar di tengah proses PJJ.



Lintasarta Smart Campus e-Learning juga terintegrasi dengan Sistem Informasi Akademik (SIAKAD), sehingga membuat penggunanya tidak perlu lagi penggunanya membuat ruangan kelas di dalam e-Learning (LMS) secara manual. Absensi dapat diintegrasikan dengan platform video conference seperti Zoom, Google Meet, atau platform lain, sehingga absen akan tercatat secara otomatis pada saat sesi pembelajaran daring. Selain itu, informasi dalam Lintasarta Smart Campus SIAKAD juga dapat diakses oleh seluruh penggunanya.



Baca Juga: Lintasarta Smart Campus, Solusi Mendirikan Kampus Digital



Presiden Direktur Lintasarta, Arya Damar, seperti dilansir Antara, 30 Juli 2020, pun mengatakan Lintasarta Smart Campus e-Learning terintegrasi dengan sistem Lintasarta Cloud. Menurut dia, hal tersebut akan mempermudah penggunanya dalam menyimpan atau membagikan data ke sesama mahasiswa atau dosen karena tidak perlu membutuhkan tempat penyedia tambahan.



Keuntungan menggunakan Lintasarta Smart Campus



Ada beberapa keuntungan lain apabila Anda menggunakan Lintasarta Smart Campus. Misalnya, fitur Sistem Informasi Pendaftaran Ujian Masuk, yang dapat memberikan kemudahan bagi calon mahasiswa dalam melakukan proses pendaftaran, informasi penilaian ujian, hingga membantu panitia mengelola data pendaftaran agar lebih efisien.



Baca Juga: Bagaimana Implementasi Bantuan Kuota Internet Pendidikan selama 2020?



Selain itu, ada pula fitur Sistem Informasi Manajemen Data Akademik dan Administrasi, yang akan membantu perkuliahan mahasiswa, dengan rincian sebagai berikut:




  • Pengelolaan kurikulum dan semester

  • Pengelolaan kelas dan jadwal

  • Pengelolaan KRS/KHS KRS online

  • Portal Dosen dan Portal Mahasiswa

  • Pelaporan PD-DIKTI



Dengan Lintasarta Smart Campus SIAKAD, kerja pun akan dapat ditingkatkan karena teknologi ini dapat memberikan informasi secara real-time dengan waktu respons interaktif yang cepat untuk kebutuhan pemakainya. Demikian halnya dengan masalah fleksibilitas karena modul SIAKAD dapat disesuaikan dengan kebutuhan serta persyaratan yang beragam dari masing-masing perguruan tinggi, yang tentunya berbeda-beda.



Sementara itu, untuk modul yang digunakan, Lintasarta Smart Campus SIAKAD dibangun dengan arsitektur terbuka sehingga memungkinkan untuk peningkatan fleksibilitas dan perkembangan teknologi yang akan datang. Semua keunggulan ini pun diproses secara terintegrasi dalam satu platform yang dapat diakses di mana pun dan kapan pun.



Jika Anda tertarik mengetahui detail lain mengenai keunggulan Lintasarta Smart Campus SIAKAD, silakan hubungi kami di sini.