Lintasarta Smart Campus, Solusi Mendirikan Kampus Digital

Kemajuan teknologi menjadi salah satu hal yang sulit dipisahkan dalam kehidupan yang serba digital seperti sekarang. Kini, perkembangan tersebut bahkan tidak hanya terasa di sektor industri atau perbankan, tetapi juga mulai merambah ke dunia pendidikan.



Di Indonesia, beberapa perguruan tinggi telah menerapkan konsep kampus digital. Namun, hal tersebut belum merata diaplikasikan karena membangun budaya kuliah secara digital atau daring yang lancar memang membutuhkan waktu atau proses dan tidak bisa tercapai dalam waktu singkat.



Baca juga: Dampak Digitalisasi Pendidikan terhadap Industri 4.0 di Indonesia



Idealnya, dalam mewujudkan kampus digital, perguruan tinggi wajib menyediakan berbagai sarana teknologi, dari sisi infrastruktur sampai aplikasi pendukung. Selain itu, mengubah universitas yang berbasis digital dan bisa berjalan lancar adalah pekerjaan besar karena dibutuhkan kolaborasi dan pendekatan organisasi yang menyeluruh yang melibatkan mahasiswa, dosen pengajar, staf kampus, management sampai Rektor.



Dalam salah satu prakteknya data kemampuan para dosen, hingga materi-materi perkuliahan akan tersimpan di dalam server, sehingga ritme perkuliahan akan berjalan stabil.



Dari proses tersebut, nantinya para pengajar tidak perlu lagi membawa buku, tetapi hanya soft copy ke dalam ruang kelas dan tinggal membuka materi yang tersimpan dalam sistem daring. Perkuliahan pun dapat dijalankan dengan memaparkan file-file yang telah disiapkan.



Metode pembelajaran daring untuk mewujudkan kampus digital ini sebenarnya sudah menjadi perhatian khusus pemerintah Indonesia, bahkan sebelum pandemi Covid-19 berlangsung. Pada 2016, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, pernah merancang Sistem Pembelajaran Daring (SPADA).



SPADA tersebut dikembangkan agar dapat menjadi acuan bagi perguruan tinggi di Indonesia yang ingin menerapkan konsep kampus digital. Ketika pandemi berlangsung sejak tahun lalu, secara tidak langsung membuat akselerasi menerapkan teknologi dalam dunia pendidikan semakin meningkat dan telah diterapkan di beberapa wilayah Indonesia.



Baca juga: Apa Itu Pendidikan 4.0 dan Bagaimana Penerapannya di Indonesia?



Berdasar data Kompas.com, misalnya, pada April 2020, tercatat ada 150 perguruan tinggi mulai membuka pendaftaran mahasiswa baru melalui aplikasi yang dapat diunduh di ponsel. Selain itu, beberapa perguruan tinggi di Indonesia juga mulai menerapkan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dengan konsep e-Learning ataupun Blended Learning.



Solusi Lintasarta Smart Campus



Di tengah transformasi teknologi dalam dunia pendidikan ini, tentu saja ada berbagai tantangan bagi pemerintah. Berbagai kendala tersebut, mulai dari infrastruktur dan sistem aplikasi yang harus memadai, masih seringnya terjadi serangan siber di Indonesia, teknologi untuk pengawasan ujian, hingga pemerataan akses Internet hingga ke pelosok daerah.



Lintasarta dengan pengalaman lebih dari 33 tahun dalam dunia teknologi di Indonesia memiliki solusi untuk mengatasi berbagai tantangan tersebut melalui produknya Lintasarta Smart Campus. Dengan Lintasarta Smart Campus, perguruan tinggi dapat memiliki sistem terintegrasi untuk manajemen perguruan tinggi dan aplikasi mobile untuk setiap sivitas akademika perguruan tinggi di Indonesia.



Lintasarta Smart Campus memiliki fitur-fitur yang nantinya dapat dibedakan bagi mahasiswa ataupun dosen. Pemisahan ini dilakukan agar setiap penggunaan teknologi tetap relevan untuk dimaksimalkan dalam menunjang berbagai aktivitas pendidikan di lingkungan kampus.



Baca juga: Metode bagi Para Pengajar dalam Dunia Pendidikan Digital



Lintasarta Smart Campus juga memiliki sistem keamanan yang andal dengan dukungan dari layanan Lintasarta Managed Security Services untuk memantau infrastruktur keamanan berbagai infrastruktur teknologi yang digunakan. Dengan teknologi tersebut, berbagai praktik phishing dapat terdeteksi dengan cepat dengan bantuan Web Application Firewall.



Silakan hubungi kami jika Anda ingin mengetahui informasi lebih lanjut mengenai Lintasarta Smart Campus untuk mewujudkan kampus digital dengan infrastruktur yang andal dan terpercaya.