free page hit counter

Tips Melakukan Backup Berskala Perusahaan

Some data storages in macro shot

Menjalankan bisnis di era digitalisasi seperti sekarang ini, harus banyak “bermain” dengan data. Data memegang peranan yang penting demi kelangsungan bisnis Anda. Oleh sebab itu, data harus dijaga agar tidak hilang. Namun, ada kalanya komputer tempat Anda menyimpan data terkena virus atau tiba-tiba hard disk tempat penyimpanan rusak sehingga data hilang.

Jika sudah begini, maka perusahaan akan merugi. Ada sebagian data yang tidak bisa dikembalikan karena itu menyangkut data transaksi tahun lalu misalkan. Hal ini akan berbeda cerita jika Anda telah memiliki salinan data. Untuk itu, melakukan backup data secara berkala itu sangat penting untuk menghindari dampak terburuk terjadinya bencana. Berikut beberapa tips melakukan backup berskala perusahaan yang bisa Anda coba.

Percayakan Data Anda pada Cloud

Cloud menyediakan kapasitas penyimpanan yang cukup besar sehingga memungkinkan Anda untuk menyalin lebih banyak data di sana. Anda tidak perlu khawatir jika memiliki data yang lebih banyak. Backup saja semuanya di sana. Selain bisa Anda andalkan untuk menyimpan data dalam kapasitas yang lebih besar, Anda juga bisa mengambil salinan data ini sewaktu-waktu. Jika Anda memerlukan kapasitas penyimpanan yang lebih besar, maka layanan cloud berbayar bisa Anda jadikan sebagai opsi.

Sederhanakan dengan Virtualisasi

Mesin virtual memungkinkan Anda untuk menjaga infrastruktur virtual Anda agar tetap terkontrol dengan aman. Dengan adanya sistem tunggal yang terkontrol ini, Anda bisa membuat proses backup data menjadi lebih mudah. Selain itu, hal ini juga akan menghemat biaya pembelian infrastruktur hardware. Pilihlah backup yang sudah terintegrasi dengan software virtualisasi sehingga akan memudahkanmu ke depannya.

Pertimbangkan Prioritas Data

Tentunya setiap data memiliki prioritas yang berbeda-beda. Jika Anda memiliki storage yang cukup di cloud untuk menyalin semua data, tentu hal itu bukan masalah. Namun, apa jadinya jika storage terbatas dan banyak data yang perlu disalin? Jawabnya adalah dengan mengelompokkan data berdasarkan prioritasnya. Data yang berpengaruh besar terhadap aktivitas perusahaan harus di-backup. Jika data tersebut kemungkinan akan Anda butuhkan di masa depan dan tidak bisa Anda dapatkan kembali di masa mendatang, maka juga harus di-backup.

Otomatisasi Back-Up

Bagi Anda yang sangat sibuk tentunya tidak punya cukup banyak waktu untuk melakukan backup secara berkala, bukan? Untuk itu, pastikan data Anda tersalin secara otomatis di cloud pada waktu tertentu secara berkala. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir jika lupa melakukan backup. Bagi perusahaan berskala besar, lupa melakukan bak up bisa jadi hal yang cukup mengkhawatirkan. Oleh sebab itu, jadwalkan backup otomatis Anda agar Anda bisa mendapatkan salinan data terbaru sewaktu-waktu ketika terjadi bencana.

Buat Sistem Local Backup

Sistem backup lokal memungkinkan Anda untuk mendapatkannya kembali sewaktu-waktu dan Anda pun bisa me-manage data tersebut secara menyeluruh. Sistem backup lokal ini sebaiknya dipakai untuk melakukan backup data-data yang penting sehingga Anda bisa mendapatkan keamanan data yang lebih terjamin. Backup lokal juga memudahkan anda dan pihak internal perusahaan untuk mengaksesnya sewaktu-waktu.

Dengan tips-tips backup data di atas, Anda kini bisa tenang karena memiliki salinan data jika sewaktu-waktu data yang Anda miliki hilang karena bencana yang tidak diduga-duga. Jangan sepelekan manfaat backup data karena hal ini menyangkut kelangsungan kegiatan operasional perusahaan Anda. jadi, sudah siap melakukan backup data Anda sekarang juga?