free page hit counter

5 keuntungan Cloud Computing untuk sektor pemerintahan

5 fungsi Cloud untuk pemerintah

Sejumlah pemerintah daerah terbebani dengan anggaran dan sumber daya yang terbatas. Selain berurusan dengan infrastruktur lawas, pengetahuan dari sumber daya manusia terkait pun membutuhkan modernisasi. Penggunaan Clouddapat menjadi salah satu solusinya. Karena Cloud menyediakan infrastruktur IT dalam bentuk server maupun aplikasi, sehingga pemerintah dapat menghemat anggaran tanpa membutuhkan investasi peralatan yang signifikan.

 

Selain itu, Cloud juga mengurangi kebutuhan staf IT karena pengelolaan infrastruktur dan pembaruan aplikasi menjadi tanggungjawab penyedia Cloud. Dukungan ini akan memudahkan pemerintah daerah dalam mengelola layanan Cloud yang digunakan. Tak hanya itu, keuntungan Cloud Computing dapat dimanfaatkan di sektor pemerintahan. Selengkapnya berikut keuntungan Cloud Computing untuk pemerintahan.

 

    1. Meningkatkan keamanan

Lonjakan digitalisasi yang terjadi baru-baru ini menghasilkan volume data yang sangat besar. Dengan demikian, dibutuhkan penyimpanan hingga perawatan yang memadai. Beberapa hal yang menjadi poin penting adalah bahwa data tersebut harus aman dan tahan lama. Sayangnya, kebutuhan ini kemungkinan tidak dapat disediakan oleh jaringan lokal yang memadai.

Menggunakan alternatif jalur komunikasi seperti email ke Cloud, dapat menjadi opsi terbaik untuk melindungi data warga yang sangat penting. Lintasarta sebagai penyedia Cloud juga telah melengkapi layanan ini dengan keamanan yang mumpuni.

 

Baca juga: Seberapa Aman Penggunaan Cloud Bagi Pemerintah?

 

    1. Dapat diandalkan

Sebagai sektor publik, lembaga pemerintahan, bank, hingga rumah sakit menawarkan layanan 24/7. Dengan demikian, gangguan sedikit pun akan sangat memengaruhi reputasi dan tingkat kepercayaan masyarakat atau pelanggan.

Transisi ke infrastruktur Cloud dapat menjaga layanan tetap aman dari kerusakan hardware, software yang ketinggalan zaman atau bahkan diakibatkan oleh human error. Dengan demikian, penggunaan Cloud dapat memperkecil kemungkinan kerusakan atau penipuan yang berpotensi mengganggu data internal.

 

    1. Efisiensi

Seiring perkembangan dunia yang semakin digital, lembaga pemerintah pun sebagai regulator perlu bertransformasi digital secara bersamaan. Proses pelayanan lembaga pemerintahan yang biasanya menghabiskan waktu berminggu-minggu hingga berbulan-bulan, dapat dipangkas menjadi hitungan hari ketika solusi digital diterapkan.

Misalnya layanan pembayaran pajak secara online, mendaftarkan bisnis hingga mendapatkan lisensi yang prosesnya dapat dibuat lebih ringkas dengan menggunakan aplikasi. Keseluruhan sistem ini akan mempercepat penyelesaian berbagai layanan yang disediakan oleh pemerintah.

Dengan menjalankan aplikasi pada platform Cloud, prosesnya akan dijamin dapat meminimalisir overhead baik dari sisi penyiapan layanan maupun pemeliharaan sistem. Efisiensi waktu pun jelas dapat dirasakan setiap stake holder sehingga lonjakan permintaan dapat ditangani.

Baca juga: Menghemat Anggaran Perusahaan dengan Adopsi Cloud Computing

 

    1. Meminimalisir budget

Salah satu pendorong terbesar untuk mengadopsi Cloud adalah membatasi pengeluaran dan mengalihkan modal pada aplikasi yang lebih produktif. Pembayaran layanan Cloud juga menyesuaikan permintaan sehingga lembaga pemerintah dapat mengalihkan modal ke biaya pemeliharaan (CAPEX ke OPEX).

Tak hanya itu, Cloud memungkinkan lembaga perusahaan melepaskan Data Center fisik serta semua biaya pemeliharaan infrastruktur lama sehingga mendorong penghematan tahunan dalam jumlah yang besar.

 

    1. Keberlanjutan

Kekhawatiran terbesar dalam penggunaan teknologi adalah pertanyaan tentang usangnya teknologi tersebut. Mengingat siklus pengembangan teknologi semakin hari semakin meningkat, badan pemerintah harus terus-menerus mengubah dan mengganti infrastruktur IT yang pada akhirnya menghasilkan limbah digital.

Dengan konsumsi daya yang lebih cerdas serta penggunaan tenaga kerja yang lebih sedikit, layanan Cloud menawarkan opsi yang lebih tahan lama dan gesit. Selain itu, SLA yang dijabarkan dengan baik dapat menjaga kualitas layanan sehingga lembaga pemerintah dapat melakukan upgrade sebagai bagian dari rencana.

 

Baca juga: Apa yang baru dari Cloud di masa New Normal?

 

Lintasarta menyediakan layanan Lintasarta Cloud Service untuk membantu lembaga pemerintah dan industri lintas sektor di Indonesia dalam mengembangkan bisnis. Layanan ini menawarkan web/application hosting hingga konsolidasi Data Center Anda secara aman, mudah, serta hemat biaya tanpa harus membangun infrastruktur IT sendiri.

 

Lintasarta Cloud Services akan membantu menyederhanakan kompleksitas IT Operation serta menjamin kelancaran proses di lembaga pemerintah. Dengan mekanisme on-demand dan pay as you grow, Lintasarta Cloud Services menawarkan fleksibilitas yang tinggi sehingga Anda dapat memilih layanan yang sesuai dengan kebutuhan dan skala bisnis. Anda juga dapat dapat menambah kapasitas server kapan pun dibutuhkan sesuai pertumbuhan bisnis.

 

Hubungi kami untuk mengetahui informasi lebih detail atau jika Anda tertarik menggunakan layanan Lintasarta Cloud Services.